Herliza, Yetti and Supian, Aan (2021) PENGEMBANGAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERBASIS MULTIKULTURAL PADA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DALAM MENINGKATKAN MODERASI BERAGAMA MADRASAH ALIYAH DI KOTA BENGKULU. Doktoral (S3) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
Disertasi Yeti Herliza.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Yeti Herliza, 2022. “Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Multikultural Pada Pelajaran Al-Qur’an Hadis Dalam Meningkatkan Moderasi Beragama Madrasah Aliyah Di Kota Bengkulu.” Promotor : Prof. Dr. H. Johanes Sapri, M.Pd., Co-Promotor : Dr. Aan Supian, M. Ag. Kata Kunci : Bahan ajar, Pelajaran Al-Qur’an Hadis, Multikultural, Moderasi Beragama Pengembangan bahan ajar Pendidikan Agama Islam termasuk pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis untuk tingkat madrasad aliyah yang merujuk pada Pedoman Implementasi Kurikulum yang diterbitkan pada tahun 2019 yang menyajikan tema-tema tentang pentingnya penguatan karakter dan pengembangan moderasi beragama pada madrasah. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk pengembangan bahan ajar berupa buku elektronik untuk siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadis Berbasis Multikultural Dalam Meningkatkan Moderasi Beragama yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dilaksanakan pengembangannya dengan 7 langkah pengembangan, yaitu : Penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, Pengembangan draf produk, Uji coba lapangan awal, Uji coba lapangan utama, Uji pelaksanaan lapangan/Uji luas, Desiminasi dan implementasi. Hasil Penelitian dan pengembangan yakni produk buku dikembangkan dengan metode Borg And Gall yang materinya terdiri 10 bab pokok bahasan yang pembelajarannya dibagi dalam 1 tahun sebanyak 2 semester, bahan ajar isi dan materinya yaitu (Kedudukan, Tujuan dan Fungsi Al-Qur’an, Pokok-pokok Kandungan Isi Al-Qur’an, Fungsi Hadis Terhadap Al-Qur’an, Multikulturalisme dan Moderasi Islam, Konsep Radikalisme dan Terorisme, Nilai-nilai Multikultural, Prinsip-prinsip Moderasi Islam, Karakteristik Moderasi Islam, Keutamaan Akhlak Mulian Dalam Moderasi Islam, dan Tujuan dan Urgensi Moderasi Islam), yang dilengkapi dengan KI, KD, Tujuan pembelajaran, peta konsep. Produk buku Yeti Herliza xiv dinilai sangat layak dengan nilai kevalidan persentasenya adalah 88,72% serta kepraktisannya setelah dilakukan uji coba dengan persentase sebagai berikut 90,08% yang masuk dalam kategori sangat praktis dan sangat layak untuk digunakan. Kemudian dikategorikan sangat Efektif setelah dilakukan uji coba dengan persentase 87,64%. Kesimpulan dari pengembangan produk buku bahan ajar untuk mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadis kelas XII tingkat Madrasah Aliyah yaitu berupa buku siswa Alquran dan Hadis Berbasis Multikultural Dalam Meningkatkan Moderasi Beragama yang layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Doktoral (S3)) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S3) |
Depositing User: | Dr Syahril Syahril |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 03:26 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 03:26 |
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5831 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year