PRAKTIK PERLINDUNGAN KONSUMEN LAYANAN DOMPET DIGITAL APLIKASI DANA PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI TERHADAP MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI FATMAWATI SUKARNO BENGKULU)

Ayu, Titania Putri Sekar (2023) PRAKTIK PERLINDUNGAN KONSUMEN LAYANAN DOMPET DIGITAL APLIKASI DANA PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI TERHADAP MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI FATMAWATI SUKARNO BENGKULU). Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
1911120038 Syariah HES Titania Putri Sekar Ayu PDF.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ada dua persoalan yang dikaji dalam skripsi ini yaitu : (1) Bagaimana praktik layanan dompet digital aplikasi dana terhadap kerugian konsumen di kalangan mahasiswa Fakultas Syariah Universitas Islam Fatmawati Sukarno Bengkulu. (2) Bagaimana upaya perlindungan konsumen layanan transaksi dompet digital aplikasi Dana menurut Hukum Ekonomi Syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan praktik layanan dompet digital aplikasi Dana terhadap kerugian konsumen di kalangan mahasiswa Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, dan menganalisis upaya perlindungan konsumen layanan dompet digital aplikasi Dana menurut Hukum Ekonomi Syariah.Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah field research yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan untuk memperoleh data yang diperlukan dan penelitian yang objeknya mengenai gejala-gejala atau peristiwa yang terjadi pada suatu kelompok masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian bahwasanya praktik layanan dompet digital aplikasi Dana terhadap kerugian konsumen di kalangan mahasiswa Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu dalam hal tersebut konsumen mengadu ke pihak pelayanan Customer Service atas komplain kerugian yang dialami konsumen pada layanan aplikasi Dana. Dalam pengajuan komplain diaplikasi Dana tersebut harus meliputi isi data, nomor telepon atau email, detail masalah dan bukti. Setelah itu pihak Dana menerima komplain yang terjadi sehingga pihak Dana meminta konsumen menunggu waktu 1x24 jam. Akan tetapi setelah lebih 1x24jam pihak Dana tidak memberikan respon terhadap komplain (keluhan) konsumen dan pihak aplikasi Dana belum memberikan ganti rugi kepada konsumen. Menurut Hukum Ekonomi Syariah, dalam upaya perlindungan konsumen pada layanan dompet digital aplikasi Dana belum sesuai dengan prinsip Hukum Ekonomi Syariah karena belum adanya kompensasi atas ganti rugi yang dialamai oleh konsumen yang mengakibatkan kerugian atas layanan transaksi dompet digital pada aplikasi Dana. Hal tersebut termasuk ke dalam tadlis (penipuan) yang dapat menimbulkan dharar (bahaya), yaitu kerugian bagi konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAndiko, TohaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorFauzan, FauzanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing 1: Toha Andiko Pembimbing 2: Fauzan
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, Aplikasi Dana, Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Arlan Fairuz
Date Deposited: 28 Aug 2023 08:13
Last Modified: 28 Aug 2023 08:13
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/759

Actions (login required)

View Item View Item