PENGARUH PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN PEMANASAN GLOBAL DI PROGRAM KESETARAAN PONDOK PESANTREN SALAFIYAH (PKPPS) WUSTHA HIDAYATUL QOMARIYAH

HERDIYANTI, DESTI (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN PEMANASAN GLOBAL DI PROGRAM KESETARAAN PONDOK PESANTREN SALAFIYAH (PKPPS) WUSTHA HIDAYATUL QOMARIYAH. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text (Skripsi)
1811260041 FTT IPA DESTI HERDIYANTI.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan pemanasan global di Program Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah (PKPPS) Wustha Hidayatul Qomariyah. Metode penelitian ini yaitu quasy eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan 2 kelas sampel, kelas eksperimen 37 siswa dan kelas kontrol 36 siswa. Data dikumpulkan berupa tes pilihan ganda untuk mengetahui aspek kognitif siswa dan lembar observasi untuk mengetahui aspek afektif dan psikomotorik siswa, data dianalisis menggunakan uji Independent Sampel T-test. Hasil analisis hipotesis statistik uji Independent Sampel T-test bahwa nilai Asmp. Sig. (2-tailed) aspek kognitif sebesar 0,040 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, terdapat pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar pada aspek kognitif. Untuk nilai Asmp. Sig. (2-tailed) aspek afektif sebesar 0,000 < 0,05 terdapat pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing terhadap aspek afektif siswa. Untuk nilai Asmp. Sig. (2-tailed) aspek psikomotorik sebesar 0,000 < 0,05 terdapat pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing terhadap aspek psikomotorik siswa. Kata Kunci : Model Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorFebrini, DeniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorNovitasari, NaintynUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Additional Information: Deni Febrini, M.Pd Pembimbing I Naintyn Novitasari, M.Pd Pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan pemanasan global di Program Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah (PKPPS) Wustha Hidayatul Qomariyah. Metode penelitian ini yaitu quasy eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan 2 kelas sampel, kelas eksperimen 37 siswa dan kelas kontrol 36 siswa. Data dikumpulkan berupa tes pilihan ganda untuk mengetahui aspek kognitif siswa dan lembar observasi untuk mengetahui aspek afektif dan psikomotorik siswa, data dianalisis menggunakan uji Independent Sampel T-test. Hasil analisis hipotesis statistik uji Independent Sampel T-test bahwa nilai Asmp. Sig. (2-tailed) aspek kognitif sebesar 0,040 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, terdapat pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar pada aspek kognitif. Untuk nilai Asmp. Sig. (2-tailed) aspek afektif sebesar 0,000 < 0,05 terdapat pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing terhadap aspek afektif siswa. Untuk nilai Asmp. Sig. (2-tailed) aspek psikomotorik sebesar 0,000 < 0,05 terdapat pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing terhadap aspek psikomotorik siswa. Kata Kunci : Model Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 07 Jun 2023 07:36
Last Modified: 07 Jun 2023 07:36
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/86

Actions (login required)

View Item View Item