INDAH, KRISTA (2023) PENGARUH METODE BRAIN GYM (SENAM OTAK) TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SD NEGERI 1 JARAI KABUPATEN LAHAT. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Fatmawari Sukarno Bengkulu.
|
Text
DEPAN .pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (695kB) | Preview |
|
Text (Skripsi)
KRISTA INDAH _ 1911240193.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode brain gym (senam otak) terhadap peningkatan konsentrasi belajar siswa kelas IV di SD Negeri 1 Jarai Kabupaten Lahat. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen. Kuasi Eksperimen sendiri dapat diartikan sebagai penelitian yang mendekati percobaan sungguhan dimana tidak mungkin mengadakan kontrol ketat atau manipulasi semua variabel yang relevan, sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV. sedangkan sampelnya kelas IVA. Sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket (kuesioner), dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik dengan uji F, dan uji r product moment dan uji t . Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode brain gym (senam otak) terhadap peningkatan konsentrasi siswa kelas IV di SD Negeri 1 Jarai Kabupaten Lahat. didapatkan nilai t 6,11 dibandingkan dengan dk = N1 + N2 – 2 = 27 + 27 – 2 = 52. Dengan dk = 52, dan bila taraf kesalahan ditetapkan sebesar 5%, maka ttabel = 1,61 Dengan demikian, thitung > ttabel (6,11 > 1,61) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh Metode Brain Gym (senam otak) terhadap peningkatan konsentrasi belajar siswa, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Implikasi dari penelitian ini yakni guru mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenagkan bagi siswa. Siswa diharapkan untuk menerapkanmetode Brain Gym (senam Otak) secara rutin sehingga akan didapat efek yang lebih optimal terhadap peningkatan konsentrasi belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing 1: Dr. Hj. Asiyah, M.Pd. Pembimbing 2: Rossi Delta Fitrianah, M.Pd | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Brain Gym ( Senam Otak), Konsentrasi Belajar. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Sep 2023 07:29 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Sep 2023 07:29 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1179 |
Actions (login required)
View Item |