PENGARUH METODE BRAIN GYM (SENAM OTAK) TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SD NEGERI 1 JARAI KABUPATEN LAHAT

INDAH, KRISTA (2023) PENGARUH METODE BRAIN GYM (SENAM OTAK) TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SD NEGERI 1 JARAI KABUPATEN LAHAT. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Fatmawari Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN .pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (695kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
KRISTA INDAH _ 1911240193.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode brain gym (senam otak) terhadap peningkatan konsentrasi belajar siswa kelas IV di SD Negeri 1 Jarai Kabupaten Lahat. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen. Kuasi Eksperimen sendiri dapat diartikan sebagai penelitian yang mendekati percobaan sungguhan dimana tidak mungkin mengadakan kontrol ketat atau manipulasi semua variabel yang relevan, sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV. sedangkan sampelnya kelas IVA. Sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket (kuesioner), dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik dengan uji F, dan uji r product moment dan uji t . Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode brain gym (senam otak) terhadap peningkatan konsentrasi siswa kelas IV di SD Negeri 1 Jarai Kabupaten Lahat. didapatkan nilai t 6,11 dibandingkan dengan dk = N1 + N2 – 2 = 27 + 27 – 2 = 52. Dengan dk = 52, dan bila taraf kesalahan ditetapkan sebesar 5%, maka ttabel = 1,61 Dengan demikian, thitung > ttabel (6,11 > 1,61) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh Metode Brain Gym (senam otak) terhadap peningkatan konsentrasi belajar siswa, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Implikasi dari penelitian ini yakni guru mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenagkan bagi siswa. Siswa diharapkan untuk menerapkanmetode Brain Gym (senam Otak) secara rutin sehingga akan didapat efek yang lebih optimal terhadap peningkatan konsentrasi belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAsiyah, Asiyah196510272003122001UNSPECIFIED
Thesis advisorDelta Fitrianah, Rossi198107272007102004UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing 1: Dr. Hj. Asiyah, M.Pd. Pembimbing 2: Rossi Delta Fitrianah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Brain Gym ( Senam Otak), Konsentrasi Belajar.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 01 Sep 2023 07:29
Last Modified: 01 Sep 2023 07:29
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1179

Actions (login required)

View Item View Item