STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI METODE CERITA PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VI (Studi SDIT Insan Mulia Kota Bengkulu)

Herawati, Vira (2023) STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI METODE CERITA PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VI (Studi SDIT Insan Mulia Kota Bengkulu). Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Thesis)
DEPAN.pdf

Download (830kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Thesis)
BAB I.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Thesis)
BAB II.pdf

Download (673kB) | Preview
[img] Text (Thesis)
TESIS VIRA HERAWATI 2011540050.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Rumusan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan metode cerita di kelas VI SDIT Insan Mulia Kota Bengkulu? (2) Bagaimana sikap peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui cerita di kelas VI SDIT Insan Mulia Kota Bengkulu? (3) Bagaimana karakter peserta didik pasca mendapatkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui cerita di kelas VI SDIT Insan Mulia Kota Bengkulu? Adapun tujuan penelitiannya adalah Untuk mendiskripsikan (1) strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan metode cerita di kelas VI SDIT Insan mulia Kota Bengkulu (2) Sikap peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Aga Islam melalui cerita di kelas VI SDIT Insan Mulia Kota Bengkulu (3) Karakter peserta didik pasca mendapatkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui cerita di kelas VI SDIT Insan Mulia Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan metode cerita SDIT Insan Mulia Kota Bengkulu sangat komprehensif meliputi perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. (2) proses pembentukan karakter peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam SDIT Insan Mulia terintegrasi, tidak hanya melalui pemberian materi di dalam kelas saja tetapi juga meliputi keteladanan sikap serta kepribadian seorang pendidik, pengkondisian lingkungan sekolah serta pembiasaan untuk selalu berakhlakul karimah. (3) Metode cerita dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang di terapkan memberi peran dalam pembentukan karakter religius, serta berakhlak mulia pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorNurdin, Zurifah197209222000032001UNSPECIFIED
Thesis advisorNirwana, Evi Silva197702182007012018UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I:Dr.Zurifah Nurdin,M.Ag pembimbing II: Dr.Evi Silva Nirwana,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Cerita, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Karakter
Subjects: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Tri Winda Astuti
Date Deposited: 01 Sep 2023 09:12
Last Modified: 01 Sep 2023 09:12
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1203

Actions (login required)

View Item View Item