Herawati, Vira (2023) STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI METODE CERITA PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VI (Studi SDIT Insan Mulia Kota Bengkulu). Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text (Thesis)
DEPAN.pdf Download (830kB) | Preview |
|
|
Text (Thesis)
BAB I.pdf Download (505kB) | Preview |
|
|
Text (Thesis)
BAB II.pdf Download (673kB) | Preview |
|
Text (Thesis)
TESIS VIRA HERAWATI 2011540050.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Rumusan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan metode cerita di kelas VI SDIT Insan Mulia Kota Bengkulu? (2) Bagaimana sikap peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui cerita di kelas VI SDIT Insan Mulia Kota Bengkulu? (3) Bagaimana karakter peserta didik pasca mendapatkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui cerita di kelas VI SDIT Insan Mulia Kota Bengkulu? Adapun tujuan penelitiannya adalah Untuk mendiskripsikan (1) strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan metode cerita di kelas VI SDIT Insan mulia Kota Bengkulu (2) Sikap peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Aga Islam melalui cerita di kelas VI SDIT Insan Mulia Kota Bengkulu (3) Karakter peserta didik pasca mendapatkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui cerita di kelas VI SDIT Insan Mulia Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan metode cerita SDIT Insan Mulia Kota Bengkulu sangat komprehensif meliputi perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. (2) proses pembentukan karakter peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam SDIT Insan Mulia terintegrasi, tidak hanya melalui pemberian materi di dalam kelas saja tetapi juga meliputi keteladanan sikap serta kepribadian seorang pendidik, pengkondisian lingkungan sekolah serta pembiasaan untuk selalu berakhlakul karimah. (3) Metode cerita dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang di terapkan memberi peran dalam pembentukan karakter religius, serta berakhlak mulia pada peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I:Dr.Zurifah Nurdin,M.Ag pembimbing II: Dr.Evi Silva Nirwana,M.Pd | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Cerita, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Karakter | ||||||||||||
Subjects: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | Tri Winda Astuti | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Sep 2023 09:12 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Sep 2023 09:12 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1203 |
Actions (login required)
View Item |