PENDEKATAN SAINTIFIK PENGENALAN BENTUK TANAMAN DALAM PEMBELAJARAN MENGGAMBAR KELOMPOK B USIA 5-6TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA 1 KOTA BENGKULU

Kurniawati, Dewi (2023) PENDEKATAN SAINTIFIK PENGENALAN BENTUK TANAMAN DALAM PEMBELAJARAN MENGGAMBAR KELOMPOK B USIA 5-6TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA 1 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text (skripsi)
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (skripsi)
Bab 1.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text (skripsi)
Bab 2.pdf

Download (702kB) | Preview
[img] Text (skripsi)
DEWI KURNIAWATI.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan analisa data penelitian, penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan di TK Negeri Pembina 1 Kota Bengkulu, yang menjadi permasalahan pada saat ini adalah kemampuan menggambar anak kurang berkembang dengan maksimal, pada kegiatan menggambar masih ada anak yang menggambar dan mewarnai tidak rapih. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pendekatan saintifik pengenalan bentuk tanaman dapat meningkatkan kemampuan menggambar anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan metode eksperimen di TK Negeri Pembina 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain Pretest dan Posttest Control Group Desain. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan saintifik pengenalan bentuk tanaman terdapat peningkatan yang baik untuk meningkatkan kemampuan menggambar anak usia 5-6 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata antara pretest dan posttest pada kelas eksperimen adalah-9,10000 dengan strandar deviasi 2,07900 dan t-obtained -13,842 . Pada tingkat signifikan 0,05 derajat keabsahan 9. Dapat dilihat berdasarkan hasil perhitungan nilai SPSS yang diperoleh bahwa nilai signifikasi 0,000 ˂ nilai α yaitu 0,05. Rata-rata antara pretest dan posttest pada kelas kontrol adalah-7,10000 dengan strandar deviasi 1,85293 dan t-obtained -12,117. Pada tingkat signifikan 0,05 derajat keabsahan 9. Dapat dilihat berdasarkan hasil perhitungan nilai SPSS yang diperoleh bahwa nilai signifikasi 0,000 ˂ nilai α yaitu 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorBahri, Husnul196209051990021001UNSPECIFIED
Thesis advisorAndriadi, Andriadi198402212019031001UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I Dr. Husnul Bahri, M.Pd Pembimbing II Andriadi, MA.
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Menggambar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Arlan Fairuz
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:26
Last Modified: 06 Sep 2023 01:26
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1390

Actions (login required)

View Item View Item