PEMANFAATAN POJOK LITERASI SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS DI SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU

PUTRA, PEZI ALIANSYAH (2023) PEMANFAATAN POJOK LITERASI SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS DI SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Skripsi)
DEPAN.pdf

Download (798kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi)
BAB I.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi)
BAB II.pdf

Download (500kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
PEZI ALIANSYAH PUTRA 1911270067.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan pojok literasi sebagai sumber belajar di Smp Negeri 1 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini merupakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari pojok literasi dan pemanfaatan siswa dalam menggunakan pojok literasi serta juga melibatkan guru maupun kepala sekolah. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Partisipasi siswa dalam pemanfaatan pojok literasi sebagai sumber belajar IPS di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Peneliti menyatakan untuk partisipasi siswa dalam pemanfaatan pojok literasi sangat tinggi dan antusias. 2) Bentuk pemanfaatan pojok literasi yang dilakukan oleh guru dan siswa dalam mengoptimalkan pemanfaatan pojok literasi sebagai sumber belajar di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu yaitu : pertama, pojok literasi sebagai sumber belajar IPS maupun mata pelajaran lainya. Kedua, pojok literasi sebagai hiasan kelas. Ketiga, pojok literasi sebagai pengisi ruang yang kosong didalam kelas. 3) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pemanfaatan pojok literasi sebagai sumber belajar IPS di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu yaitu : faktor pendukung dalam program gerakan literasi ini adalah: pertama, adanya dorongan dari kepala sekolah agar gerekan literasi ini dapat berjalan lancar. Kedua, Adanya dorongan dari guru sebagai tenaga pendidik yang bagaimana senantiasa mengarahkan siswa-siswi agar gerakan pojok literasi ini dapat berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan. Ketiga, adanya peran diluar sekolah yaitu orang tua murid yang bagaimana telah ikut dalam membuat suatu karya dalam kelas yang disebut dengan pojok literasi. Faktor penghambat dalam program gerakan literasi ini adalah: pertama, Pojok literasi tergolong kecil. Kedua, Adanya siswa yang belum memahami pentingnya membaca buku. Ketiga, Kurangnya minat membaca sebagian siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorIqbal, Moch.197505262009121001UNSPECIFIED
Thesis advisorGilang, M. Ilham199004122020121003UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I:Dr. Moch. Iqbal, M.Si pembimbing II: M. Ilham Gilang, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan pojok literasi sebagai sumber belajar IPS
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Tri Winda Astuti
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:30
Last Modified: 06 Sep 2023 01:30
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1396

Actions (login required)

View Item View Item