TRIANTI, TANTI ESKA (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 14 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text (Skripsi)
COVER.pdf Download (613kB) | Preview |
|
|
Text (Skripsi)
BAB I.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text (Skripsi)
BAB II.pdf Download (600kB) | Preview |
|
Text (Skripsi)
TANTI ESKA TRIANTI_1911210026.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
t adanya ketidakpahaman dan adanya sikap anti toleran ditengah-tengah banyaknya perbedaan agama yang memicu pepecahan antar umat beragama. Moderasi beragama sebagai cara pandang mampu menjadi solusi untuk saling terbuka, menerima perbedaan, dan menjaga kerukunan antar umat beragama. Penguatan moderasi ini juga sebaiknya dikenalkan sejak dini kepada murid agar tidak mudah terpengaruh dengan pemikiran beragama yang radikal dan menutup diri dengan agama lain melalui peran seorang guru agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dekriptif. Tempat penelitin adalah di SMPN 14 Kota Bengkulu yang memiliki kriteria yang tepat dalam penelitian ini. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru PAI dan mengetahui faktor pendukung serta penghambat dalam membangun moderasi beragama di SMPN 14 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1. Peran guru PAI dalam membangun moderasi beragama di SMPN 14 Kota Bengkulu : a. Demonstrator yaitu guru PAI memberikan contoh baik dalam menerapkan nilai- nilai moderasi beargama sekaligus menjadi suri tauladan bagi siswa, b. Motivator yaitu guru memberikan nasehat-nasehat sehingga siswa bisa memahami dan menerapkan nilai-nilai moderasi beragama, c. Mediator dan pengelolah kelas yaitu guru PAI mengelolah kelas dengan baik agar siswa dapat belajar dengan nyaman dan tidak membosankan sekaligus mmeberikan kebebasan bagi siswa non muslim, d. Conservator dan Innovator (pengembang) yaitu guru PAI bertanggung jawab akan sikapnya dan berkolaborasi dengan semua guru dari berbagai agama. 2. Nilai moderasi beragama yang dibagun meliputi; Persamaan (musamah), adil, toleransi, jalan tengah (wasathiyah), inovatif, kesatuan dan persaudaraan (ittihad wa ukuwah). 3. Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam membangun moderasi beragama di sekolah meliputi: Faktor Pendukung yaitu terdapat pada diri guru PAI, seluruh aspek dan elemen sekolah, lingkungan masyarakat, sedangkan faktor penghambat latar belakang siswa yang berbeda-beda, gadget.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I:Wiwinda, M.Ag pembimbing II:Adi Saputra, M.Pd | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran, Guru PAI, Nilai-nilai Moderasi Beragama. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Tri Winda Astuti | ||||||||||||
Date Deposited: | 06 Sep 2023 04:16 | ||||||||||||
Last Modified: | 06 Sep 2023 04:16 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1459 |
Actions (login required)
View Item |