PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 14 KOTA BENGKULU

TRIANTI, TANTI ESKA (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 14 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Skripsi)
COVER.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi)
BAB I.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi)
BAB II.pdf

Download (600kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
TANTI ESKA TRIANTI_1911210026.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

t adanya ketidakpahaman dan adanya sikap anti toleran ditengah-tengah banyaknya perbedaan agama yang memicu pepecahan antar umat beragama. Moderasi beragama sebagai cara pandang mampu menjadi solusi untuk saling terbuka, menerima perbedaan, dan menjaga kerukunan antar umat beragama. Penguatan moderasi ini juga sebaiknya dikenalkan sejak dini kepada murid agar tidak mudah terpengaruh dengan pemikiran beragama yang radikal dan menutup diri dengan agama lain melalui peran seorang guru agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dekriptif. Tempat penelitin adalah di SMPN 14 Kota Bengkulu yang memiliki kriteria yang tepat dalam penelitian ini. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru PAI dan mengetahui faktor pendukung serta penghambat dalam membangun moderasi beragama di SMPN 14 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1. Peran guru PAI dalam membangun moderasi beragama di SMPN 14 Kota Bengkulu : a. Demonstrator yaitu guru PAI memberikan contoh baik dalam menerapkan nilai- nilai moderasi beargama sekaligus menjadi suri tauladan bagi siswa, b. Motivator yaitu guru memberikan nasehat-nasehat sehingga siswa bisa memahami dan menerapkan nilai-nilai moderasi beragama, c. Mediator dan pengelolah kelas yaitu guru PAI mengelolah kelas dengan baik agar siswa dapat belajar dengan nyaman dan tidak membosankan sekaligus mmeberikan kebebasan bagi siswa non muslim, d. Conservator dan Innovator (pengembang) yaitu guru PAI bertanggung jawab akan sikapnya dan berkolaborasi dengan semua guru dari berbagai agama. 2. Nilai moderasi beragama yang dibagun meliputi; Persamaan (musamah), adil, toleransi, jalan tengah (wasathiyah), inovatif, kesatuan dan persaudaraan (ittihad wa ukuwah). 3. Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam membangun moderasi beragama di sekolah meliputi: Faktor Pendukung yaitu terdapat pada diri guru PAI, seluruh aspek dan elemen sekolah, lingkungan masyarakat, sedangkan faktor penghambat latar belakang siswa yang berbeda-beda, gadget.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorWiwinda, Wiwinda197606042001122004UNSPECIFIED
Thesis advisorSaputra, Adi1981022120090110013UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I:Wiwinda, M.Ag pembimbing II:Adi Saputra, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peran, Guru PAI, Nilai-nilai Moderasi Beragama.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tri Winda Astuti
Date Deposited: 06 Sep 2023 04:16
Last Modified: 06 Sep 2023 04:16
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1459

Actions (login required)

View Item View Item