Pengaruh Penugasan Video Muhadatsah Terhadap Penguasaan Kosakata Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Semester 4 Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Yulendari, Utari (2023) Pengaruh Penugasan Video Muhadatsah Terhadap Penguasaan Kosakata Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Semester 4 Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
Utari Yulendari_1911220056.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Pembelajaran bahasa arab diperguruan tinggi khusunya UINFAS Bengkulu ini tidak terlepas dari berbagai macam metode dan media pembelajaran seseuai dengan keterampilan yang ingin dicapai. Pembelajaran bahasa arab pada mata kuliah muhadatsah program studi pendidikan bahasa arab UINFAS Bengkulu menekan kemahiran berbahasa arab sehingga dosen pengampuh mata kuliah mencoba memberikan tugas kepada mahasiswa untuk mempraktekan dialog bahasa arab. Adapun tugas berupa penugasan video muhadatsah yang dilakukan di awal semester dan akhir semester. Penguasaan video muhadatsah ini bertujuan untuk bisa berbicara bahasa arab dengan begitu mahasiswa secara tidak langsung mempunyai/menguasai kosakata bahasa arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui apakah penugasan video muhadatsah berpengaruh terhadap penguasaan kosakata pada mahasiswa pendidikan bahasa arab UINFAS Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode Ex Post Facto dengan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui apakah variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat pada populasi dan sampel yang digunakan yaitu 48 mahasiswa semester 4 pendidikan bahasa arab UINFAS Bengkulu. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, tes dan dokumentasi. Dengan menggunakan analisis data yaitu uji normalitas, uji linearitas dan uji korelasi. Dari hasil analisi data diketahui bahwa pada semester 4 A penugasan video muhadatsah memiliki pengaruh memiliki pengaruh sebesar 44,8 %, pada semester4 B memiliki pengaruh sebesar 58,2 %, dan pada semester 4 C memiliki pengaruh sebesar 49,5 %. Artinya penugasan video muhadatsah berpengaruh terhadap penguasan kosakata dengan dibuktikan bahwa nilai signifikasi uji regresi linier sederhana pada semester 4 A sebesar 0,009 lebih kecil dari 0,05, pada semester 4 B sebesar 0,006 lebih kecil dari 0,05 dan semester 4 C sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorMuhammad, Zulfikri197312112005011005UNSPECIFIED
Thesis advisorSuska, Fadilah199004242020122007UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I:Zulfikri Muhammad, Lc.M.S.I Pembimbing II:Fadilah Suska, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penugasan Video, Muhadatsah, Penguasaan Mufrodat
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Tri Winda Astuti
Date Deposited: 05 Oct 2023 02:27
Last Modified: 05 Oct 2023 02:27
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1839

Actions (login required)

View Item View Item