Juniati, Dina (2023) Pengaruh Bimbingan Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Kelas 4 MI Al-Ba’ani Kota Bengkulu. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.
|
Text
Depan.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text (Skripsi)
BAB II.pdf Download (793kB) | Preview |
|
Text (Skripsi)
DINA JUNIATI 1911220017.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Di MI Al-Ba’ani, sebagian besar dari mereka ternyata banyak yang tidak mengulangi materi pelajaran yang telah mereka peroleh ketika disekolah, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Arab. Mereka memberikan banyak alasan, ada yang karena orangtuanya tidak memperhatikan keadaan mereka. Dengan latar belakang orangtua yang bermacam-macam tentunya hasil belajar mereka juga berbeda-beda, ada yang mendapatkan hasil belajar yang bagus dan ada juga yang hasilnya kurang bagus atau belum mencapai kriteria ketuntasan belajar. Hal inilah yang mungkin menjadi salah satu penyebab kurang berhasilnya siswa dalam mempelajari bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa signifikan Pengaruh Bimbingan Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Kelas 4 MI Al-Ba’ani Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis ex post facto. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial dengan jenis korelasi pearson product moment. Hasil dari penelitian menunjukkan nilai pearson rhitung > rtabel ( 0,832 > 0,432) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara bimbingan orangtua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab di kelas 4 MI Al-Ba’ani Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada orangtua hendaknya lebih memberikan perhatian kepada anaknya serta dapat menjadi contoh atau tauladan yang baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I: Dr. Nur Hidayat, M.Ag Pembimbing II:Nur Hariyanto, M.Pd. | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Orangtua, Hasil Belajar, Bahasa Arab | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Depositing User: | Tri Winda Astuti | ||||||||||||
Date Deposited: | 05 Oct 2023 03:32 | ||||||||||||
Last Modified: | 05 Oct 2023 03:32 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1847 |
Actions (login required)
View Item |