Pengaruh Bimbingan Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Kelas 4 MI Al-Ba’ani Kota Bengkulu

Juniati, Dina (2023) Pengaruh Bimbingan Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Kelas 4 MI Al-Ba’ani Kota Bengkulu. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img]
Preview
Text
Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi)
BAB II.pdf

Download (793kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
DINA JUNIATI 1911220017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Di MI Al-Ba’ani, sebagian besar dari mereka ternyata banyak yang tidak mengulangi materi pelajaran yang telah mereka peroleh ketika disekolah, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Arab. Mereka memberikan banyak alasan, ada yang karena orangtuanya tidak memperhatikan keadaan mereka. Dengan latar belakang orangtua yang bermacam-macam tentunya hasil belajar mereka juga berbeda-beda, ada yang mendapatkan hasil belajar yang bagus dan ada juga yang hasilnya kurang bagus atau belum mencapai kriteria ketuntasan belajar. Hal inilah yang mungkin menjadi salah satu penyebab kurang berhasilnya siswa dalam mempelajari bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa signifikan Pengaruh Bimbingan Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Kelas 4 MI Al-Ba’ani Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis ex post facto. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial dengan jenis korelasi pearson product moment. Hasil dari penelitian menunjukkan nilai pearson rhitung > rtabel ( 0,832 > 0,432) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara bimbingan orangtua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab di kelas 4 MI Al-Ba’ani Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada orangtua hendaknya lebih memberikan perhatian kepada anaknya serta dapat menjadi contoh atau tauladan yang baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorHidayat, Nur197306032001121002UNSPECIFIED
Thesis advisorHariyanto, Nur199109082020121006UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Nur Hidayat, M.Ag Pembimbing II:Nur Hariyanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Orangtua, Hasil Belajar, Bahasa Arab
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Tri Winda Astuti
Date Deposited: 05 Oct 2023 03:32
Last Modified: 05 Oct 2023 03:32
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1847

Actions (login required)

View Item View Item