Oktaviani, Nurul (2023) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SELF CONCEPT DI SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
DEPAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (636kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (616kB) | Preview |
|
Text (Skripsi)
NURUL OKTAVIANI_NIM 1911280059.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik ditinjau dari self concept di kelas VII A SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fakta bahwa kebanyakan peserta didik masih kesulitan dalam menentukan langkah awal yang harus dikerjakan. Kemampuan komunikasi matematis sangat penting dalam pembelajaran matematika. Kemampuan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya self concept. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dimana subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII A SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Dari subjek tersebut dipilih 6 peserta didik yang terdiri dari 2 peserta didik dengan kategori self concept tinggi, 2 peserta didik dengan kategori self concept sedang, dan 2 peserta didik dengan kategori self concept rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket self concept, tes kemampuan komunikasi matematis dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik dengan kategori self concept tinggi memiliki kemampuan komunikasi yang tinggi dalam menyelesaikan persoalan dengan 3 indikator yaitu menggambar (drawing), ekspresi matematika (mathematical expression) dan menulis (written text). Peserta didik dengan kategori self concept sedang memiliki kemampuan komunikasi yang sedang masih ada kesalahan dalam menyelesaikan persoalan pada indikator ekspresi matematika (mathematical expression) dan menulis (written text). Dan peserta didik dengan kategori self concept rendah memiliki kemampuan komunikasi yang rendah masih kesulitan dalam menyelesaikan persoalan pada indikator ekspresi matematika (mathematical expression) dan menulis (written text).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimibng 1: Prof. Dr. Edi Ansyah, M. Pd Pembimbing 2: Mela Aziza, M. Sc | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Komunikasi Matemtis, Self Concept | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | john hendri | ||||||||||||
Date Deposited: | 20 Oct 2023 06:46 | ||||||||||||
Last Modified: | 20 Oct 2023 06:46 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2373 |
Actions (login required)
View Item |