ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SELF CONCEPT DI SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU

Oktaviani, Nurul (2023) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SELF CONCEPT DI SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (616kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
NURUL OKTAVIANI_NIM 1911280059.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik ditinjau dari self concept di kelas VII A SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fakta bahwa kebanyakan peserta didik masih kesulitan dalam menentukan langkah awal yang harus dikerjakan. Kemampuan komunikasi matematis sangat penting dalam pembelajaran matematika. Kemampuan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya self concept. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dimana subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII A SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Dari subjek tersebut dipilih 6 peserta didik yang terdiri dari 2 peserta didik dengan kategori self concept tinggi, 2 peserta didik dengan kategori self concept sedang, dan 2 peserta didik dengan kategori self concept rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket self concept, tes kemampuan komunikasi matematis dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik dengan kategori self concept tinggi memiliki kemampuan komunikasi yang tinggi dalam menyelesaikan persoalan dengan 3 indikator yaitu menggambar (drawing), ekspresi matematika (mathematical expression) dan menulis (written text). Peserta didik dengan kategori self concept sedang memiliki kemampuan komunikasi yang sedang masih ada kesalahan dalam menyelesaikan persoalan pada indikator ekspresi matematika (mathematical expression) dan menulis (written text). Dan peserta didik dengan kategori self concept rendah memiliki kemampuan komunikasi yang rendah masih kesulitan dalam menyelesaikan persoalan pada indikator ekspresi matematika (mathematical expression) dan menulis (written text).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAnsyah, Edi197007011999032002UNSPECIFIED
Thesis advisorAziza, Mela199110122019032015UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimibng 1: Prof. Dr. Edi Ansyah, M. Pd Pembimbing 2: Mela Aziza, M. Sc
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matemtis, Self Concept
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: john hendri
Date Deposited: 20 Oct 2023 06:46
Last Modified: 20 Oct 2023 06:46
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2373

Actions (login required)

View Item View Item