PENGARUH METODE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MIN 02 KOTA BENGKULU

Karimah, Vonny Aklaqul (2024) PENGARUH METODE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MIN 02 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
DEPAN_.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (833kB)
[img] Text
SKRIPSI VONNY AKHLAQUL KARIMAH 2011240063,,.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh metode pembelajaran picture and picture dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas IV di MIN 02 Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode picture and picture dalam meningkatkan hasil belajar didik pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis quasi eksperimen. Perhitungan menggunakan 30 sampel yang terdiri dari 2 kelas. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran picture and picture cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di MIN 02 Kota Bengkulu dengan pokok pembahasan tentang bagian tubuh tumbuhan. Hal tersebut berdasarkan tabel output uji T-Test hasil belajar di atas diketahui bahwa pada kelas eksperimen dengan jumlah responden 30 siswa memiliki rata-rata 85.67 Sedangkan pada kelas kontrol dengan jumlah responden 30 siswa memiliki rata-rata 72.92. dari hasil uji t-test menggunakan independent sample test diperoleh thitung = 5.935 dan ttabel = 1,701. Nilai signifikansi pada tabel menunjukkan 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan metode picture and picture siswa Kelas IV MIN 02 Kota Bengkulu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorMindani, Mindani196908062007101002UNSPECIFIED
Thesis advisorMustamin, Abdul Aziz19108504292015031007UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Mindani, M.Ag Pembimbing II: Abdul Aziz Mustamim, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Metode Pembelajaran, Hasil belajar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 17 Jul 2024 04:29
Last Modified: 17 Jul 2024 04:29
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3084

Actions (login required)

View Item View Item