Fitri, Zolanda Syah (2024) PENGEMBANGAN PERMAINAN PAPAN KANTONG PINTAR DORAEMON (PAKPINDO) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KECAMATAN TALO. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (612kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (714kB) |
|
Text
ZOLANDA SYAH FITRI_1811250059_compressed.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui proses pengembangan permainan kantong bilangan doraemon Pada Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kecamatan Talo, 2) untuk mengetahui tingkat validitas/kepraktisan permainan kantong bilangan doraemon menurut ahli atau validator, dan 3) untuk mengetahui kelayakan produk permainan kantong bilangan doraemon Pada Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kecamatan Talo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Talo. TK Ratu Intan yang berjumlah 12 orang anak dan guru berjumlah 1 orang dan 1 orang kepala sekolah, TK Durian Manis yang berjumlah 7 orang anak dan guru berjumlah 2 orang dan 1orang kepala sekolah, TK lubuk lagan yang berjumlah 17 orang anak dan 3 orang guru dan 1 kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan dapat di simpulkan bahwa 1) pengembangan produk media permainan papan kantong pintar doraemon dalam meningkatkan kemampuan Berhitung anak usia 5-6 tahun di di TK Kecamatan Talo menggunaka metode penelitian R&D (Research Development) dengan model Brog & Gall terdiri dari 10 langkah peneleitian pengembangan, x yakni: 1) Potensi dan Masalah, 2) mengumpulkan informasi, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) perbaikan produk, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk, 10) pembuatan produk masal. 2) Hasil validasi dengan ahli media diperoleh persentase 80% dengan kriteria layak, ahli materi diperoleh persentase 86,7% dengan kriteria layak, dan ahli bahasa diperoleh persentase 80% dengan kriteria layak, dan 3) kemampuan berbahasa anak usia 5-6 tahun di di TK Kecamatan Talo menggunakan media permainan papan kantong pintar doraemon sebesar 88% dengan kriteria layak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing 1: Dr. Hj. Asiyah, M.Pd., Pembimbing 2: Dra. Aam Amaliyah, M.Pd. | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Permainan Papan Kantong Pintar Doraemon (Pakpindo), Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2024 08:24 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2024 08:24 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3120 |
Actions (login required)
View Item |