PENGEMBANGAN PERMAINAN PAPAN KANTONG PINTAR DORAEMON (PAKPINDO) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KECAMATAN TALO

Fitri, Zolanda Syah (2024) PENGEMBANGAN PERMAINAN PAPAN KANTONG PINTAR DORAEMON (PAKPINDO) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KECAMATAN TALO. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (612kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (714kB)
[img] Text
ZOLANDA SYAH FITRI_1811250059_compressed.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui proses pengembangan permainan kantong bilangan doraemon Pada Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kecamatan Talo, 2) untuk mengetahui tingkat validitas/kepraktisan permainan kantong bilangan doraemon menurut ahli atau validator, dan 3) untuk mengetahui kelayakan produk permainan kantong bilangan doraemon Pada Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kecamatan Talo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Talo. TK Ratu Intan yang berjumlah 12 orang anak dan guru berjumlah 1 orang dan 1 orang kepala sekolah, TK Durian Manis yang berjumlah 7 orang anak dan guru berjumlah 2 orang dan 1orang kepala sekolah, TK lubuk lagan yang berjumlah 17 orang anak dan 3 orang guru dan 1 kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan dapat di simpulkan bahwa 1) pengembangan produk media permainan papan kantong pintar doraemon dalam meningkatkan kemampuan Berhitung anak usia 5-6 tahun di di TK Kecamatan Talo menggunaka metode penelitian R&D (Research Development) dengan model Brog & Gall terdiri dari 10 langkah peneleitian pengembangan, x yakni: 1) Potensi dan Masalah, 2) mengumpulkan informasi, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) perbaikan produk, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk, 10) pembuatan produk masal. 2) Hasil validasi dengan ahli media diperoleh persentase 80% dengan kriteria layak, ahli materi diperoleh persentase 86,7% dengan kriteria layak, dan ahli bahasa diperoleh persentase 80% dengan kriteria layak, dan 3) kemampuan berbahasa anak usia 5-6 tahun di di TK Kecamatan Talo menggunakan media permainan papan kantong pintar doraemon sebesar 88% dengan kriteria layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAsiyah, Asiyah196510272003122001UNSPECIFIED
Thesis advisorAmaliyah, Aan19691122000032002UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing 1: Dr. Hj. Asiyah, M.Pd., Pembimbing 2: Dra. Aam Amaliyah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Permainan Papan Kantong Pintar Doraemon (Pakpindo), Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 17 Jul 2024 08:24
Last Modified: 17 Jul 2024 08:24
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3120

Actions (login required)

View Item View Item