PENERAPAN PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS (OUTDOOR LEARNING) DALAM MEMAHAMI MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA BAGI PESERTA DIDIK DIKELAS 1 SD NEGERI 50 KOTA BENGKULU

Putri, Metty Anita (2024) PENERAPAN PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS (OUTDOOR LEARNING) DALAM MEMAHAMI MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA BAGI PESERTA DIDIK DIKELAS 1 SD NEGERI 50 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (845kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (998kB)
[img] Text
METTY ANITA PUTRI_NIM 201124002.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam suatu proses pembelajaran berbagai mata pelajaran tentunya tidak luput dari metode pembelajaran yang digunakan oleh guru termasuk mata pelajaran matematika. Salah satu metode yang digunakan yaitu Metode Outdoor learning. Metode pembelajaran yang baik dan efektif apabila memenuhi syarat berpusat pada siswa, merangsang daya kreativitas dan keaktifan siswa menciptakan kondisi yang menyenangkan dan menantang, bermuatan kinestetik, Menciptakan pengalaman belajar yang beragam walaupun menggunakan metode outdoor learning perlu mencakup hal-hal tersebut. Adapun tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode outdoor learning dalam memahami mata pelajaran matematika siswa kelas 1 SD Negeri 50 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru wali kelas 1 dan siswa kelas 1. Teknik keabsahan data yaitu triangulasi sumber, metode dan waktu. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan kepada guru dan siswa kelas 1 SD Negeri 50 Kota Bengkulu. Pelaksanaan penerapan pembelajaran diluar kelas dilaksanakan dengan baik dengan menggunakan metode ini siswa merasa lebih mudah paham dan mengerti dan bukan hanya itu siswa merasa senang ketika belajar diluar kelas hal ini telah dibuktikan dengan adanya wawancara kepada siswa dan guru. Guru sendiri juga telah melaksanakan metode outdoor learning namun tetap menjalankan beberapa ciri-ciri metode pembelajaran yang efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorMindani, Mindani196908062007101002UNSPECIFIED
Thesis advisorMustamin, Abdul Aziz19108504292015031007UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Mindani, M.Ag Pembimbing II: Abdul Aziz Mustamin, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Metode pembelajaran, Outdoor learning, Pembelajaran Matematika, Penjumlahan dan Pengurangan
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 18 Jul 2024 02:31
Last Modified: 18 Jul 2024 02:31
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3147

Actions (login required)

View Item View Item