PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP N 5 KOTA BENGKULU

AINI, VELDA LUMRATUL (2024) PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP N 5 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (640kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (346kB)
[img] Text
VELDA LUMRATUL AINI_2011280021.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Peserta didik masih kurang mengerti konsep pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika. Hal ini terjadi karena saat proses kegiatan pembelajaran kurangnya interaksi yang baik antara guru dan peserta didik dan kurangnya sarana prasarana yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran matematika, sehingga peserta didik berpendapat bahwa pelajaran matematika itu sulit dan membosankan yang membuat rendahnya minat dan semangat belajar yang berpengaruh pada hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. Hal ini sejalan dengan menyesuaikan kebutuhan masing-masing peserta didik dalam proses pembelajaran. Pembelajaran berdiferensiasi yang memberi keleluasaan pada siswa untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar siswa tersebut dan kebutuhan gaya belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pembelajaran berdiferensiasi kurikulum merdeka pada pembelajaran matematika di SMP Negeri 5 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu Guru matematika kelas VII, guru wakil kurikulum, dan siswa kelas VII C yang berjumlah 33 orang. Sampel diambil dengan cara purposive sampling. Hasil dari penelitian di peroleh bahwa pembelajaran berdiferensiasi kurikulum merdeka di SMP Negeri 5 Kota Bengkulu pada pembelajaran berdiferensiasi sudah dilakukan xxix dengan cara melakukan pemetaan kebutuhan belajar peserta didik langkahnya selanjutnya melakukan pelaksanaan pembelajaran berdasarkan hasil pemetaan setelah pembelajaran selesai, guru melakukan evaluasi dan refleksi untuk menentukan siswa mana yang masih memerlukan bimbingan khusus atau sebaliknya. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dikurikulum merdeka ini pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar kebutuhan siswa. Dengan dilakukan penelitian ini peneliti berharap untuk selanjutnya bisa dilakukan penelitian lebih dalam lagi tentang pembelajaran berdiferensiasi dikurikulum merdeka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorMaryam, Maryam197210221999032001UNSPECIFIED
Thesis advisorWahyuni, Betti Dian198103302023212015UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Maryam, S. Ag., M. Hum Pembimbing II: Betti Dian Wahyuni, M.Pd. Mat
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berdiferensiasi,Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Matematika
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 18 Jul 2024 02:44
Last Modified: 18 Jul 2024 02:44
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3154

Actions (login required)

View Item View Item