AINI, VELDA LUMRATUL (2024) PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP N 5 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (640kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (343kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (346kB) |
|
Text
VELDA LUMRATUL AINI_2011280021.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Peserta didik masih kurang mengerti konsep pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika. Hal ini terjadi karena saat proses kegiatan pembelajaran kurangnya interaksi yang baik antara guru dan peserta didik dan kurangnya sarana prasarana yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran matematika, sehingga peserta didik berpendapat bahwa pelajaran matematika itu sulit dan membosankan yang membuat rendahnya minat dan semangat belajar yang berpengaruh pada hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. Hal ini sejalan dengan menyesuaikan kebutuhan masing-masing peserta didik dalam proses pembelajaran. Pembelajaran berdiferensiasi yang memberi keleluasaan pada siswa untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar siswa tersebut dan kebutuhan gaya belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pembelajaran berdiferensiasi kurikulum merdeka pada pembelajaran matematika di SMP Negeri 5 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu Guru matematika kelas VII, guru wakil kurikulum, dan siswa kelas VII C yang berjumlah 33 orang. Sampel diambil dengan cara purposive sampling. Hasil dari penelitian di peroleh bahwa pembelajaran berdiferensiasi kurikulum merdeka di SMP Negeri 5 Kota Bengkulu pada pembelajaran berdiferensiasi sudah dilakukan xxix dengan cara melakukan pemetaan kebutuhan belajar peserta didik langkahnya selanjutnya melakukan pelaksanaan pembelajaran berdasarkan hasil pemetaan setelah pembelajaran selesai, guru melakukan evaluasi dan refleksi untuk menentukan siswa mana yang masih memerlukan bimbingan khusus atau sebaliknya. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dikurikulum merdeka ini pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar kebutuhan siswa. Dengan dilakukan penelitian ini peneliti berharap untuk selanjutnya bisa dilakukan penelitian lebih dalam lagi tentang pembelajaran berdiferensiasi dikurikulum merdeka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I: Dr. Maryam, S. Ag., M. Hum Pembimbing II: Betti Dian Wahyuni, M.Pd. Mat | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berdiferensiasi,Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Matematika | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2024 02:44 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2024 02:44 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3154 |
Actions (login required)
View Item |