marliana, lia (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA PELAJARAN IPS DI MTS PANCASILA KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (328kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (461kB) |
|
Text
LIA MARLIANA_1911270069.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial disebabkan kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran, selain itu disebabkan karena pembelajaran ilmu pengetahuan sosial masih teacher centered, sehingga hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning(pbl) terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada pelajaran IPS di MTs pancasila kota Bengkulu setelah di terapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 22 siswa terdiri dari kelas VII A sebanyak 10 siswa sebagai kelas eksprimen dan VII B sebanyak 12 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS Materi Interaksi sosial di MTs Pancasila Kota Bengkulu. hal tersebut berdasarkan dari hasil pengujian t terhadap kedua perlakukan diperoleh thitung = 3.270 sedangkan ttabel dengan 2.086 pada taraf signifikan 5% yaitu 2,000. Dengan demikian thitung ≥ ttabel (3,70 ≥ 2.086), yang berarti hipotesis kerja (ha) dalam penelitian ini diterima, sedangkan (ho) dalam penelitian ini ditolak. Dengan demikian penulis membuat kesimpulan bahwa adanya pengaruh problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas VII mata pelaran IPS materi interaksi sosial di MTs Pancasila Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | 1.Dr.Irwan Satria, M.Pd 2.Dra. Nurniswah, M.Pd | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 19 Jul 2024 07:40 | ||||||||||||
Last Modified: | 19 Jul 2024 07:40 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3268 |
Actions (login required)
View Item |