PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA PELAJARAN IPS DI MTS PANCASILA KOTA BENGKULU

marliana, lia (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA PELAJARAN IPS DI MTS PANCASILA KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (461kB)
[img] Text
LIA MARLIANA_1911270069.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial disebabkan kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran, selain itu disebabkan karena pembelajaran ilmu pengetahuan sosial masih teacher centered, sehingga hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning(pbl) terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada pelajaran IPS di MTs pancasila kota Bengkulu setelah di terapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 22 siswa terdiri dari kelas VII A sebanyak 10 siswa sebagai kelas eksprimen dan VII B sebanyak 12 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS Materi Interaksi sosial di MTs Pancasila Kota Bengkulu. hal tersebut berdasarkan dari hasil pengujian t terhadap kedua perlakukan diperoleh thitung = 3.270 sedangkan ttabel dengan 2.086 pada taraf signifikan 5% yaitu 2,000. Dengan demikian thitung ≥ ttabel (3,70 ≥ 2.086), yang berarti hipotesis kerja (ha) dalam penelitian ini diterima, sedangkan (ho) dalam penelitian ini ditolak. Dengan demikian penulis membuat kesimpulan bahwa adanya pengaruh problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas VII mata pelaran IPS materi interaksi sosial di MTs Pancasila Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSatria, Irwan197407182003121004UNSPECIFIED
Thesis advisornurniswah, nurniswah196308231994032001UNSPECIFIED
Additional Information: 1.Dr.Irwan Satria, M.Pd 2.Dra. Nurniswah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:40
Last Modified: 19 Jul 2024 07:40
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3268

Actions (login required)

View Item View Item