PARADIGMA PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM TENTANG ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (PEMIKIRAN ABDUL HAFIZ)

Downloads

Downloads per month over past year

Mariyam, Siti (2024) PARADIGMA PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM TENTANG ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (PEMIKIRAN ABDUL HAFIZ). Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
DEPAN_SITI.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (958kB)
[img] Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (466kB)
[img] Text (Skripsi)
SITI MARIYAM_2011210126_compressed.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui paradigma pendidikan agama Islam tentang anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research). Hasil penelitian ini adalah pandangan agama Islam tentang pendidikan anak berkebutuhan khusus, Proses pembelajaran PAI pada anak berkebutuhan khusus terdiri dari tiga tahap. Pertama perencanaan, pada umumnya guru telah merencanakan proses pembelajaran sebelum memasuki kelas. Dapat berupa RPP khususnya bagi anak berkebutuhan khusus yang terdiri dari strategi, metode, media dan pendekatan pembelajaran. Kedua pelaksanaan pembelajaran, setelah rencana sudah dibuat sedemikian rupa barulah guru menerapkan pembelajaran dengan materi agama Islam yang telah disusun. Ketiga evaluasi pembelajaran, setiap pembelajaran yang telah dilakukan tentunya ada kekurangan dan hambatan untuk itulah pentingnya evaluasi agar memperbaiki kekurangan sebelumnya. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa semua manusia dalam Islam diwajibkan dan mempunyai hak menuntut ilmu. Dalam agama Islam (PAI) khususnya tidak memandang mereka memiliki kekurangan apapun. Dengan demikian dapat disarankan yang terkait dengan pembelajaran PAI pada ABK sehingga pembaharuan temuan dapat menjadi perbandingan dan hubungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorMulyadi, Mus197005142000031004UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDEfendi, Sutrian2029108903UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Paradigma, Pembelajaran Agama Islam, Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 07 Nov 2024 07:19
Last Modified: 07 Nov 2024 07:19
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3708

Actions (login required)

View Item View Item