PENGARUH PELAKSANAAN SHOLAT DHUHA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS V MIN 1 KAUR

Downloads

Downloads per month over past year

Ashari, Lisa (2024) PENGARUH PELAKSANAAN SHOLAT DHUHA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS V MIN 1 KAUR. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (373kB)
[img] Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (443kB)
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI LISA ASHARI_2011240016_compressed.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan sholat dhuha terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas V di MIN 1 Kaur. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis deskriptif penelitian survei. Penelitian survei deskriptif adalah jenis penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan fenomena atau karakteristik populasi tertentu berdasarkan data yang dikumpulkan mellui survei, sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik dari kelas I-IV MIN 1 Kaur sedangkan sampelnya kelas VA dan VB. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik dengan uji valid. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pelaksanaan sholat dhuha terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas V di MIN 1 Kaur. yang terdiri dari kelas 5A 25 siswa dan kelas 5B 25 siswa. Pengambilan data dilakukan peneliti melalui observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji valid, reabilitas, normalitas data, homogenitas dan hipotesis. Hasil nilai rata-rata (Mean) dan nilai Standar Deviasi (Std. Deviation) untuk Hasil Belajar Siswa Kelas Eksperimen dan Hasil Belajar Siswa Kelas Kontrol. Dari tabel tersebut diketahui bahwa nilai rata-rata (Mean) sebesar 77,44 dan nilai Standar Deviasi (Std. Deviation) sebesar 8,115 untuk Hasil Belajar Siswa Kelas Eksperimen, sedangkan nilai rata-rata (Mean) sebesar 68,24 dan nilai Standar Deviasi (Std. Deviation) sebesar 12,207 untuk Hasil Belajar Siswa Kelas Kontrol. Dengan demikian rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan penggunaan model pembelajaran pelaksanaan sholat dhuha 77,44 >dibandingkan dengan tidak menggunakan model pembelajaran pelaksanaan sholat dhuha sebesar 68,24 untuk menjawab apakah terdapat pengaruh model pembelajaran pelaksanaan sholat dhuha terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas IV di MIN 1 Kaur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAryati, Aziza197212122005012007UNSPECIFIED
Thesis advisorMustamin, Abdul Aziz198504292015031007UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Sholat Dhuha, Kedisiplinan Belajar Siswa
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 13 Nov 2024 04:07
Last Modified: 13 Nov 2024 04:07
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3847

Actions (login required)

View Item View Item