Pariati, Rina (2024) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BELAJAR PERSERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPAS KURIKULUM MERDEKA DI KELAS IV SD NEGERI 32 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (275kB) |
|
Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (343kB) |
|
Text (Skripsi)
RINA PAHRIATI_2011240035.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini Bertujuan Untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kesulitan belajar perserta didik dalam pembelajaran IPAS kurikulum merdeka di kelas IV SD Negeri 32 Kota Bengkulu. Jenis Penelitian yaitu penelitian kuantitatif. Populasi yaitu perserta didik kelas IV SD Negeri 32 Kota Bengkulu Serta sampel pada penelitian ini adalah perserta didik kelas IV yang secara keseluruhan berjumlah 48 peserta didik. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar perserta didik dalam pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka Di Kelas IV SD Negeri 32 Kota Bengkulu dengan hasil salah satu data sebagai berikut: Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar IPAS bagi perserta didik kelas IV ditinjau dari faktor internal adalah faktor jasmani dengan skor sebesar 6,3%, atau sebanyak 3 orang perserta didik. Data-data tersebut menunjukan bawa ada faktor jamani yang memiliki kecenderungan pada kategori mempersulit, faktor psikologis sebesar 10,42%, atau sebanyak 5 orang perserta didik yang menunjukan bahwa ada faktor psikolois yang memiliki kecenderungan pada kategori mempersulit dan faktor kelelahan sebesar 31,25%, atau sebanyak 12 orang perserta didik yang menunjukan bahwa ada faktor kelelahan yang memiliki viii kecenderungan pada kategori mempersulit. Adapun Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar IPAS bagi perserta didik kelas IV jika ditinjau dari faktor ekternal meliputi faktor keluarga 6,25% atau sebanyak 3 orang perserta didik. Daltal-daltal tersebut menunjukaln balwal aldal falktor kelualrgal yalng memiliki kecenderungaln paldal kaltegori mempersulit, falktor sekolalh sebesalr 58,34% altalu sebalnyalk 23 oralng persertal didik yalng menunjukaln balhwal aldal falktor sekolalh yalng memiliki kecenderungaln paldal kaltegori mempersulit daln falktor malsyalralkalt sebesalr 45,83% altalu sebalnyalk 18 oralng persertal didik yalng menunjukaln balhwal aldal falktor malsyalralkalt yalng memiliki kecenderungaln paldal kaltegori mempersulit.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kesulitaln Belaljalr, Pembelaljalraln IPAlS, Kurikulum Merdeka | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 14 Nov 2024 02:04 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 Nov 2024 02:04 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3879 |
Actions (login required)
View Item |