MARDATILLAH, OLLYVIA (2024) PENGARUH METODE PEMBIASAAN TERHADAP PEMAHAMAN NILAI AGAMA DAN BUDI PEKERTI PADA ANAK USIA DINI DI TK WITRI 1 KOTA BENGKULU. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (342kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (484kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (437kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (TESIS)
OLLYVIA MARDA ILLAH_2223750016 OK.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian dilatar belakangi oleh pemahaman nilai agama dan budi pekerti pada anak usia dini dimana itu merupakan salah satu dari capaian pembelajaran yang harus dipenuhi dalam kurikulum merdeka. Dalam mencapaian tujuan tersebut banyak metode pembelajaran yang dapat diterapkan oleh sekolah agar pemahaman mengenai nilai agama dan budi pekerti tercapai dengan baik dan optimal. Salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu metode pembiasaan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari metode pembiasaan terhadap pemahaman nilai agama dan budi pekerti pada anak usia dini. Jenis penelitian adalah penelitian kombinasi (mixed methods) menggunakan desain Explanatory Sequential Design yang mendahulukan penelitian kuantitatif kemudian dilanjutkan dengan penelitian kualitatif.Teknik pengumpulan data adalah menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembiasaan terhadap perkembangan nilai agama dan budi pekerti anak usia dini di TK Witri 1 Kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai ????ℎ???????????????????? lebih besar dari ???????????????????????? dengan nilai ????ℎ???????????????????? sebesar 6,436 dan ???????????????????????? sebesar 2,013 dengan taraf signifikannya 5% ( ????ℎ???????????????????? > ???????????????????????? ). Besarnya angka koefisien determinasi (R Square) adalah 0,474 atau sama dengan 47,4%. Angka tersebut mengandung arti bahwa besar pengaruh dari penerapan metode pembiasaan terhadap pemahaman nilai agama dan budi pekerti anak usia dini sebesar 47,4%. Hasil analisis perlakuan mengenai metode pembiasaan yang diterapkan oleh lguru di TK Witri 1 menunjukkan bahwa metode yang digunakan sudah cukup efektif dalam membentuk nilai agama dan budi pekerti pada anak usia dini. Guru-guru di TK Witri 1 telah menerapkan berbagai metode pembiasaan yang terstruktur, seperti rutinitas doa bersama sebelum dan sesudah kegiatan belajar, memberikan contoh perilaku positif, serta penerapan aturan yang konsisten. Metode pembiasaan yang diterapkan di TK Witri membawa perubahan perilaku anak menjadi lebih positif dan juga perilaku anak lebih terarah dan melakukan kegiatan yang teratur setiap harinya..
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembiasaan, Pemahaman Nilai Agama Dan Budi Pekerti Anak | ||||||||||||
Subjects: | Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Apr 2025 07:58 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Apr 2025 07:58 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4202 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year