STRATEGI GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DIGITAL SOCIETY 5.0 PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 21 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

MUTIARANI, FARIZZA (2025) STRATEGI GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DIGITAL SOCIETY 5.0 PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 21 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (489kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (250kB)
[img] Text
FARIZZA MUTIARANI_2111210067.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dalam menggunakan media ajar Pendidikan Agama Islam di era digital Society 5.0 pada siswa kelas IX SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara, dan observasi. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan teknik kualitatif berupa penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang mengamati dan menganalisis fakta lapangan secara cermat dan sengaja, khususnya permasalahan tertentu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada era digital Society 5.0, langkah awal yang harus dilakukan guru dalam mengimplementasikan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas IX SMP Negeri 21 Kota Bengkulu adalah dengan melakukan berbagai strategi guru dalam menghadapi perkembangan teknologi seperti menggunakan media pembelajaran yang menarik, menggunakan media yang ekonomis dan bernilai estetika dilanjutkan dengan media pembelajaran berbasis teknologi dan melaksanakan pelatihan bagi tenaga pendidik. Hal ini dilakukan guru Pendidikan Agama Islam agar lebih mudah dalam menyediakan sumber belajar di kelas dan menyesuaikan diri dengan era Society 5.0. Faktor pendukung meliputi kebutuhan kurikulum, kemajuan teknologi, kebutuhan siswa, antusiasme siswa dalam pembelajaran. Yang menjadi kendalanya meliputi ketersediaan sarana dan prasarana, akses kepemilikan teknologi, keterbatasan kemampuan dalam pengelolaan kelas, dan penggunaan IPTEK secara bijak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorZulkarnain, Zulkarnain196005251987031001UNSPECIFIED
Thesis advisorHaryono, Haryono8908450022UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: : Society 5.0, strategi guru, media ajar.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 17 Jun 2025 03:35
Last Modified: 17 Jun 2025 03:35
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4294

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year