GEMPARI WATI, GERI (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG TERHADAP SEMANGAT BELAJAR SANTRI KELAS X PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MA JÂ-ALHAQ KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (527kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (673kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (682kB) |
![]() |
Text
GERI GEMPARI WATI_2011210108_compressed.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan media teka-teki silang terhadap semangat belajar santri kelas X di madrasah aliyah Jâ-alHaq kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi, dengan cara mengumpulkan data menggunakan penyebaran angket dan dokumentasi. Penelitian ini melibatkan 44 populasi dan diambil sampel secara keseluruhan. Penelitian ini penggunaan media teka-teki silang sebagai variable X dan semangat belajar santri sebagai variable Y. Data dari variabel X (penggunaan media teka-teki silang) memiliki keterkaitan yang cukup kuat dengan variabel Y (semangat belajar santri), dengan persentase signifikan masing-masing 61,3% untuk variabel X dan 79,5% untuk variabel Y. Analisis regresi linear menunjukkan bahwa setiap peningkatan 1% dalam penggunaan media teka-teki silang akan meningkatkan semangat belajar santri sebesar 0,508. Hasil uji t menunjukkan nilai t-hitung (3,115) lebih besar dari ttabel (1,682) dengan tingkat signifikansi 0,003, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan (Ho) ditolak, artinya menandakan adanya pengaruh intervensi dari penggunaan media teka-teki silang. Berdasarkan analisis koefisien determinasi (R²) sebesar 16,8% menunjukkan bahwa semangat belajar santri dipengaruhi oleh penggunaan media teka-teki silang. Selain itu, analisis korelasi menunjukkan hubungan positif dengan nilai Pearson Correlation sebesar 0,433, yang masuk dalam kategori korelasi sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media teka-teki silang termasuk dalam kategori baik dan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap semangat belajar santri. Artinya penelitian ini mengindikasikan bahwa media teka-teki silang dapat menjadi salah satu media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan semangat belajar santri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Teka-Teki Silang, Santri, Semangat Belajar | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Jun 2025 03:39 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Jun 2025 03:39 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4295 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year