Apriansah, Yoga (2025) PENYUSUNAN INSTRUMEN TES OBJEKTIF PILIHAN GANDA IPA TERPADU UNTUK SISWA KELAS VII SEMESTER I SMP N 1 PASEMAH AIR KERUH KABUPATEN EMPAT LAWANG. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (603kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (597kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (464kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
YOGA APRIANSAH_2011260027.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Ada beberapa permasalahan yang muncul terhadap penyusunan instrumen tes pembelajaran IPA terpadu yaitu belum ada keterpaduan yang menyeluruh yang mengintegrasikan sikap, proses dan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Penyusunan tes berdasarkan langkah-langkah yang hierarkis yang berhubungan satu sama lain sesuai dengan tuntutan standar kompetensi untuk mengukur hasil belajar siswa sesuai tujuan. Dan memenuhi standar validitas, reliabilitas, dan objektivitas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research and development. Jenis penelitian research and development mengungkapkan pola dan perurutannya melalui tahapan perubahan sebagai fungsi waktu. Alasan penggunaan jenis penelitian ini didasarkan pada pemelitian research and development ditunjukkan untuk menentukan pola pembahasan dalam rangka meramalkan produk di masa yang akan datang, yang dilaksanakan pada siswa kelas VII di SMP N 1 Pasemah Air Keruh pada semester 1 (Satu) bulan Juli-Agustus 2024. Dari hasil analisis data ujicoba soal tes fisika kelas VII semester genap dapat disimpulkan sebagai berikut, butir soal IPA kelas VII semester ganjil yang dikembangkan ini sudah sesuai dengan karakteristik tes fisika yang baik karena instrument tes yang dikembangkan sudah memenuhi syarat menjadi instrumen yang baik yaitu mempunyai reliabilitas yang tinggi, daya beda soal cukup, taraf kesukaran sedang, dan pengecoh berfungsi secara efektif, butir soal IPA yang dikembangkan memiliki validitas isi yang baik karena telah ditelaah oleh tim ahli, reliabilitas soal yang sangat tinggi yaitu 0,80, daya beda soal cukup, taraf kesukaran berkisar sedang, dan juga koefisien pengecoh yang baik dan produk pengembangan butir soal IPA semester ganjil setelah dilakukan ujicoba sebanyak dua kalimenghasilkan 22 butir soal yang memenuhi semua kriteri instrumen tes yang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Instrumen Objektif Pilihan Ganda, IPA Terpadu | ||||||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Sep 2025 04:27 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Sep 2025 04:27 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4415 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year