Hidayati, Tika Nurul (2025) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKATIF WORDWALL PADA MATA PELAJARAN AL QURAN HADITS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI MTsN 1 KOTA BENGKULU. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (497kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (903kB) |
![]() |
Text
TIKA NURUL HIDAYATI-2323540026.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pemanfaatan media pembelajaran game edukatif Wordwall dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits di MTsN 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan penelitian evaluasi dengan pendekatan komparatif desain metode kombinasi sederhana. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner motivasi belajar dan tes hasil belajar dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan membandingkan motivasi dan hasil belajar sebelum dan sesudah memanfaatkan media Wordwall Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Wordwall secara signifikan meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Pada tahap perencanaan dengan tingkat keefektivan mencapai Angka 86,36% ini menunjukkan bahwa perencanaan pemanfaatan media game edukatif Wordwall dalam RPP/Modul Aja telah dilakukan oleh guru dengan sangat baik Pada tahap pelaksanaan pembelajaran dengan pemanfaatan media game eduktatif wordwall menunjukkan angka sebesar 91,09%, dan pada hasil data dengan instrument kuesioner untuk pra-motivasi 83,79% dan post motivasi setelah pemanfaatan game eduktatif wordwall menunjukkan angka sebesar dan kuesioner untuk motivasi belajar menunjukkan angka 88,97%, memenuhi kriteria "Sangat Efektif". Mengalami peningkatan sebesar 5,18 %. hasil belajar pretest sebelum pemanfaatan media game edukatif wordwall menunjukkan angka sebesar 57,79% ini memenuhi kriteria “ cukup efektif” dan hasil belajar saat posttest menunjukkan angka 89,85%, memenuhi kriteria "Sangat Efektif". Artinya terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 32,06%. Implikasi dari penelitian ini adalah rekomendasi bagi guru dan institusi pendidikan untuk mengintegrasikan media game edukatif Wordwall sebagai salah satu strategi pembelajaran yang efektif dalam rangka menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dalam upaya meningkatan motivasi dan hasil belajar khususnya pada mata pelajaran Al Quran Hadits
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Game edukatif wordwall, Al Quran Hadits, Motivasi dan Hasil Belajar | ||||||||||||
Subjects: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Sep 2025 07:54 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Sep 2025 07:54 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4431 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year