IMPLEMENTASI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN SAINS UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DI PAUD 4 PUTRI KECAMATAN PADANG GUCCI HILIR

Downloads

Downloads per month over past year

Utari, Feliya (2025) IMPLEMENTASI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN SAINS UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DI PAUD 4 PUTRI KECAMATAN PADANG GUCCI HILIR. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (474kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (712kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (445kB)
[img] Text
FELLYA UTARI_1911250006.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran sains dalam mengembangkan kognitif di Paud 4 Putri Kecamatan Padang Gucci Hilir Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan orang guru di kelas B di Paud 4 Putri Kecamatan Padang Gucci Hilir. Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, display data penarikan kesimpulan, dan dilanjutkan dengan pemeriksaan keabsahan data dengan melakukan uji kredibilitas menggunakan teknik triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran sains telah dilakukan dengan tahap-tahap, pertama melakukan persiapan, kedua melakukan pelaksanaan, dan terakhir ketiga melakukan kegiatan penutup. Kegiatan eksperimen yang dilakukan, yaitu “Rambatan Warna”, dan “Telur mengapung”. Dalam kegiatan eksperimen ini, guru menyajikan alat dan bahan- bahan yang diperlukan dan sebelumnya mendemonstrasikan cara menggunakannya. Namun dalam hal ini, kurang optimal dalam mengembangkan indikator pencapaian perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun yang diamati dalam penelitian ini, yaitu ) Menunjukan aktifitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik (seperti apa yang terjadi ketika air ditumpahkan), 2) Mengenal sebab-akibat tentang lingkungnnya (angin bertiup menyebabkan dun bergerak, air dapat menyebabkan sesuatu menjadi basah, dan 3) Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini disebabkan, media sains yang digunakan kurang tepat. Hendaknya, media pembelajaran sainsyang dipilih berbasis alam, sebab melalui media alam maka kognitif anak akan lebih tergali

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAryati, Azizah197212122005012007UNSPECIFIED
Thesis advisorBudrianto, Budrianto199108282023211021UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: perkembangan Kognitif, Media Pem Belajaran Sains, dan Eksperimen
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 03 Sep 2025 07:01
Last Modified: 03 Sep 2025 07:01
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4585

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year