Amelia, Ninda (2025) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI METODE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SD NEGERI 78 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN_NINDA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (490kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (623kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (541kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
NINDA AMELIA_2111240134.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menggali dan mendalami peran guru dalam meningkatkan kekatifan belajar siswa pada pembelajaran IPAS melalui metode jigsaw di kelas 5 SDN 78 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 78 Kota Bengkulu di kelas 5 pada tahun ajaran 2024/2025. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan tringulasi sumber, teknik, dan waktu. Sedangkan teknik analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian atau display data, dan kesimpulam atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru menjalani perannya pada pembelajaran sebagai demonstrator, pendidik, komunikator, evaluator, motivator, dan fasilitator sehingga siswa cukup berperan aktif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Peran guru sudah berjalan dengan baik sehingga terlihat guru memberikan motivasi dan dorongan kepada siswa yang kurang aktif atau kadang malu untuk bertanya dan menyapaikan pendapatnya. Dan memberikan fasilitas yang baik berupa meja dan kursi yang bisa disusun dalam proses pembelajaran diskusi kelompok.Dan juga memberikan pujian, hadiah dan nilai yang dapat mengikatkan motivasi dan kekatifan belajar siswa. Dengan demikian, peranan guru sangat penting dalam memberikan dorongan dan motivasi siswa dalam meningkatakan kekatifan belajar siswa. Sehingga dampak dari motivasi tersebut yaitu adanya rasa ketertarikan dan keberanian siswa untuk menyapaikan pendapatnya dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Keaktifan Belajar Siswa melalui metode jigsaw, Sekolah Dasar. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 08 Sep 2025 06:54 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Sep 2025 06:54 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4672 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year