PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI METODE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SD NEGERI 78 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Amelia, Ninda (2025) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI METODE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SD NEGERI 78 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN_NINDA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (623kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (541kB)
[img] Text (Skripsi)
NINDA AMELIA_2111240134.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menggali dan mendalami peran guru dalam meningkatkan kekatifan belajar siswa pada pembelajaran IPAS melalui metode jigsaw di kelas 5 SDN 78 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 78 Kota Bengkulu di kelas 5 pada tahun ajaran 2024/2025. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan tringulasi sumber, teknik, dan waktu. Sedangkan teknik analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian atau display data, dan kesimpulam atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru menjalani perannya pada pembelajaran sebagai demonstrator, pendidik, komunikator, evaluator, motivator, dan fasilitator sehingga siswa cukup berperan aktif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Peran guru sudah berjalan dengan baik sehingga terlihat guru memberikan motivasi dan dorongan kepada siswa yang kurang aktif atau kadang malu untuk bertanya dan menyapaikan pendapatnya. Dan memberikan fasilitas yang baik berupa meja dan kursi yang bisa disusun dalam proses pembelajaran diskusi kelompok.Dan juga memberikan pujian, hadiah dan nilai yang dapat mengikatkan motivasi dan kekatifan belajar siswa. Dengan demikian, peranan guru sangat penting dalam memberikan dorongan dan motivasi siswa dalam meningkatakan kekatifan belajar siswa. Sehingga dampak dari motivasi tersebut yaitu adanya rasa ketertarikan dan keberanian siswa untuk menyapaikan pendapatnya dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAdisel, Adisel197612292003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorGilang, Ilham199004122020121003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Keaktifan Belajar Siswa melalui metode jigsaw, Sekolah Dasar.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 08 Sep 2025 06:54
Last Modified: 08 Sep 2025 06:54
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4672

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year