PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI UNSUR-UNSUR PETA KELAS IV SDN 76 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

LINDA, ROSA (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI UNSUR-UNSUR PETA KELAS IV SDN 76 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (489kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (345kB)
[img] Text (Skripsi)
ROSA LINDA_2111240078.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh media pembelajaran wordwall terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi unsur-unsur peta kelas IV SDN 76 Kota Bengkulu. Minat belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS di SDN 76 Kota Bengkulu terlihat rendah, yakni 45 % hampir setengah dari populasi siswa kelas IV kurang minat mengikuti pelajaran karena pada proses pembelajaran guru tidak memvariasikan media pembelajaran, guru masih menggunakan media pembelajaran konvesional yaitu buku saja. Salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang variatif yaitu wordwall. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Bentuk desain yang digunakan adalah Quasi Experimental Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 76 Kota Bengkulu yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2024/2025. Sampel diambil dengan teknik sampling jenuh, sehingga terpilih kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Data penelitian meliputi minat belajar siswa, dimana instrumen penelitian dengan menggunakan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian dengan uji-t menunjukkan thitung = 3,375 > ttabel = 1,699. Nilai signifikansi atau Sig. (2-tailed) menunjukkan 0,001 < 0,05 maka H???? diterima Ho ditolak, yang berarti terdapat pengaruh pengggunaan media pembelajaran wordwall terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi unsur-unsur peta kelas IV SDN 76 Kota Bengkulu. Untuk uji regresi menunjukkan nilai thitung sebesar 3,375 > ttabel = 1,703, sedangkan nilai Sig. 0,001 < 0,05 maka ???????? diterima dan ????0ditolak, koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,169 yang berarti pengaruh media pembelajaran wordwall terhadap minat belajar siswa sebesar16.9 %, selain itu menunjukkan nilai koefisien regresi X sebesar 6,483 bernilai positif yang berarti membawa pengaruh positif terhadap minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorBasinun, Basinun197710052007102005UNSPECIFIED
Thesis advisorAstuti, Dina Putri Juni199006022019032010UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Wordwall, Minat Belajar, IPAS
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 09 Sep 2025 01:21
Last Modified: 09 Sep 2025 01:21
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4719

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year