STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SDN SE-KECAMATAN ULU MUSI KABUPATEN EMPAT LAWANG PROVINSI SUMATERA SELATAN

Downloads

Downloads per month over past year

EFENDI, EFENDI (2025) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SDN SE-KECAMATAN ULU MUSI KABUPATEN EMPAT LAWANG PROVINSI SUMATERA SELATAN. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (561kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (346kB)
[img] Text (Tesis)
TAFSIR EFENDI-2223540049.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1. Bagaimana strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam penerapan kurikulum merdeka di SDN se-Kecamatan Ulu Musi, 2. Apa saja faktor pendukung strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam penerapan kurikulum merdeka di SDN se-Kecamatan Ulu Musi, 3. Apa saja faktor penghambat strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam penerapan kurikulum merdeka di SDN se-Kecamatan Ulu Musi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model miles dan huberman, yaitu analisis dilakukan saat proses pengumpulan data sedang berlangsung dan analisis mendalam setelah proses pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini adalah : 1. Strategi pembelajaran PAI dan budi pekerti dalam penerapan kurikulum merdeka di SDN se-Kecamatan Ulu Musi yaitu dengan menyiapkan perangkat ajar, melakukan klasifikasi kemampuan dan strategi pembelajaran, serta melakukan asasemen pembelajaran. 2. Faktor pendukung Strategi pembelajaran PAI dan budi pekerti dalam penerapan kurikulum merdeka di SDN se-Kecamatan Ulu Musi yaitu komitmen pemerintah, komitmen sekolah dan guru, sdm yang memadai, saradan dan prasarana yang cukup, komitmen orang tua dan kesiapan siswa. 3. Faktor penghambat Strategi pembelajaran PAI dan budi pekerti dalam penerapan kurikulum merdeka di SDN se-Kecamatan Ulu Musi yaitu kurangnya pendampingan pemerintah, keterbatasan referensi, kurangnya sarana dan prasaran, kurangnya pelatihan dan bimbingan guru, kurangnya kesiapan siswa dan kurangnya kemampuan guru.

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorNurdin, Zurifah196201011994031005UNSPECIFIED
Thesis advisorMindani, Mindani196405311991031001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran, Kurikulum merdeka
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 09 Sep 2025 01:50
Last Modified: 09 Sep 2025 02:09
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4732

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year