EFENDI, EFENDI (2025) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SDN SE-KECAMATAN ULU MUSI KABUPATEN EMPAT LAWANG PROVINSI SUMATERA SELATAN. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (469kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (561kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (346kB) |
![]() |
Text (Tesis)
TAFSIR EFENDI-2223540049.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1. Bagaimana strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam penerapan kurikulum merdeka di SDN se-Kecamatan Ulu Musi, 2. Apa saja faktor pendukung strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam penerapan kurikulum merdeka di SDN se-Kecamatan Ulu Musi, 3. Apa saja faktor penghambat strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam penerapan kurikulum merdeka di SDN se-Kecamatan Ulu Musi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model miles dan huberman, yaitu analisis dilakukan saat proses pengumpulan data sedang berlangsung dan analisis mendalam setelah proses pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini adalah : 1. Strategi pembelajaran PAI dan budi pekerti dalam penerapan kurikulum merdeka di SDN se-Kecamatan Ulu Musi yaitu dengan menyiapkan perangkat ajar, melakukan klasifikasi kemampuan dan strategi pembelajaran, serta melakukan asasemen pembelajaran. 2. Faktor pendukung Strategi pembelajaran PAI dan budi pekerti dalam penerapan kurikulum merdeka di SDN se-Kecamatan Ulu Musi yaitu komitmen pemerintah, komitmen sekolah dan guru, sdm yang memadai, saradan dan prasarana yang cukup, komitmen orang tua dan kesiapan siswa. 3. Faktor penghambat Strategi pembelajaran PAI dan budi pekerti dalam penerapan kurikulum merdeka di SDN se-Kecamatan Ulu Musi yaitu kurangnya pendampingan pemerintah, keterbatasan referensi, kurangnya sarana dan prasaran, kurangnya pelatihan dan bimbingan guru, kurangnya kesiapan siswa dan kurangnya kemampuan guru.
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran, Kurikulum merdeka | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Sep 2025 01:50 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 Sep 2025 02:09 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4732 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year