Isnaini, Petria (2025) PENERAPAN METODE SOCRATES TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS V MIN 2 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
Depan.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (387kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (536kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (521kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
PETRIA ISNAINI_2111210029.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini berawal dari pembelajaran yang lebih cenderung bersifat berpusat pada guru, dimana siswa lebih banyak diam untuk mendengarkan, mencatat dan mengerjakan latihan yang disampaikan oleh guru. Sebaliknya melalui proses pembelajaran yang berpusat pada siswa akan membuat siswa berperan lebih aktif dalam proses pembelajaran. Maka digunakan Metode Socrates dalam pembelajaran Fiqih sehingga membantu dalam proses penyampaian materi serta memotivasi siswa untuk berperan lebih aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan menguji perbedaan yang signifikan hasil belajar Fiqih antara yang menggunakan metode Socrates dengan metode konvensional. Penelitian ini mengunakan metode Quasi Eksperimental. Populasinya adalah semua siswa kelas V MIN 2 Kota Bengkulu pada tahun pembelajaran 2024/2025, yang terbagi dalam 6 kelas dengan jumlah siswa 181 siswa. Dari populasi ini, 58 siswa diambil sebagai sampel. Ada dua Kelas, masing-masing terdiri dari 29 siswa untuk kelas eksperimen dan 29 siswa untuk kelas kontrol. Tes pilihan ganda soal Fiqih digunakan untuk mengumpulkan data. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus t-test. Ditemukan bahwa hasil posttest t-hitung (6,435) lebih tinggi dari t-tabel (1.987). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Fiqih antara yang menggunakan metode Socrates dengan tidak menggunakan metode Socrates. Itu berarti metode Socrates meningkatkan hasil belajar Fiqih siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Socrates, Hasil Belajar Fiqih | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Sep 2025 04:04 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 Sep 2025 07:35 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4785 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year