PENERAPAN METODE SOCRATES TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS V MIN 2 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Isnaini, Petria (2025) PENERAPAN METODE SOCRATES TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS V MIN 2 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
Depan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (521kB)
[img] Text (Skripsi)
PETRIA ISNAINI_2111210029.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pembelajaran yang lebih cenderung bersifat berpusat pada guru, dimana siswa lebih banyak diam untuk mendengarkan, mencatat dan mengerjakan latihan yang disampaikan oleh guru. Sebaliknya melalui proses pembelajaran yang berpusat pada siswa akan membuat siswa berperan lebih aktif dalam proses pembelajaran. Maka digunakan Metode Socrates dalam pembelajaran Fiqih sehingga membantu dalam proses penyampaian materi serta memotivasi siswa untuk berperan lebih aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan menguji perbedaan yang signifikan hasil belajar Fiqih antara yang menggunakan metode Socrates dengan metode konvensional. Penelitian ini mengunakan metode Quasi Eksperimental. Populasinya adalah semua siswa kelas V MIN 2 Kota Bengkulu pada tahun pembelajaran 2024/2025, yang terbagi dalam 6 kelas dengan jumlah siswa 181 siswa. Dari populasi ini, 58 siswa diambil sebagai sampel. Ada dua Kelas, masing-masing terdiri dari 29 siswa untuk kelas eksperimen dan 29 siswa untuk kelas kontrol. Tes pilihan ganda soal Fiqih digunakan untuk mengumpulkan data. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus t-test. Ditemukan bahwa hasil posttest t-hitung (6,435) lebih tinggi dari t-tabel (1.987). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Fiqih antara yang menggunakan metode Socrates dengan tidak menggunakan metode Socrates. Itu berarti metode Socrates meningkatkan hasil belajar Fiqih siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAryati, Azizah197212122005102007UNSPECIFIED
Thesis advisorSatrisno, Hengki199001242015031005UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Socrates, Hasil Belajar Fiqih
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 09 Sep 2025 04:04
Last Modified: 09 Sep 2025 07:35
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4785

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year