Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Berbasis Multikultural Untuk Meningkatkan Toleransi Siswa di SMA Negeri 1 Pagaralam

Downloads

Downloads per month over past year

Pratama, Katronaldo (2025) Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Berbasis Multikultural Untuk Meningkatkan Toleransi Siswa di SMA Negeri 1 Pagaralam. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (600kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (734kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (443kB)
[img] Text (Magister)
KATRONALDO PRATAMA-2323540031.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian adalah : 1) Mendeskripsikan dan menganalisis langkahlangkah penanaman nilai-nilai pendidikan Islam berbassis multikultural untuk meningkatkan toleransi siswa di SMA Negeri 1 Pagaralam. 2) Mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam berbasis multikultural untuk meningkatkan toleransi siswa di SMA Negeri 1 Pagaralam. 3) Mendeskripsikan dan menganalisis solusi dalam mengatasi faktor penghambat dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam berbasis multikultural untuk meningkatkan toleransi siswa di SMA Negeri 1 Pagaralam. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data berdasarkan teori Miles dan Huberman, yaiutu reduksi data, data display, dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) langkah-langkah penanaman nilai-nilai pendidikan Islam berbasis multikultural untuk meningkatkan toleransi siswa, yaitu: melalui pembelajaran di dalam kelas dan proses pendidikan multikultural di luar kelas 2) faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam berbasis multikultural untuk meningkatkan toleransi siswa, yaitu berasal dari seluruh komponen sekolah yaitu guru, karyawan sekolah, serta siswa SMA N 01 Pagar Alam, Adapun faktor penghambat yaitu berasal dari kurangnya pemaham orang tua, lingkungan pergaulan peserta didik dan pengaruh media sosial. 3) solusi dalam mengatasi faktor penghambat dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam berbasis multikultural untuk meningkatkan toleransi siswa yaitu, melibatkan keluarga, dan dewan guru secara aktif dalam mendukung pendidikan multikultural.

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorZubaedi, Zubaedi196903081996031001UNSPECIFIED
Thesis advisorIsmail, Ismail197206112005011002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Multikultural, Toleransi
Subjects: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 10 Sep 2025 08:23
Last Modified: 10 Sep 2025 08:23
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4956

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year