Pratama, Katronaldo (2025) Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Berbasis Multikultural Untuk Meningkatkan Toleransi Siswa di SMA Negeri 1 Pagaralam. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (600kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (734kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (443kB) |
![]() |
Text (Magister)
KATRONALDO PRATAMA-2323540031.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian adalah : 1) Mendeskripsikan dan menganalisis langkahlangkah penanaman nilai-nilai pendidikan Islam berbassis multikultural untuk meningkatkan toleransi siswa di SMA Negeri 1 Pagaralam. 2) Mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam berbasis multikultural untuk meningkatkan toleransi siswa di SMA Negeri 1 Pagaralam. 3) Mendeskripsikan dan menganalisis solusi dalam mengatasi faktor penghambat dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam berbasis multikultural untuk meningkatkan toleransi siswa di SMA Negeri 1 Pagaralam. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data berdasarkan teori Miles dan Huberman, yaiutu reduksi data, data display, dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) langkah-langkah penanaman nilai-nilai pendidikan Islam berbasis multikultural untuk meningkatkan toleransi siswa, yaitu: melalui pembelajaran di dalam kelas dan proses pendidikan multikultural di luar kelas 2) faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam berbasis multikultural untuk meningkatkan toleransi siswa, yaitu berasal dari seluruh komponen sekolah yaitu guru, karyawan sekolah, serta siswa SMA N 01 Pagar Alam, Adapun faktor penghambat yaitu berasal dari kurangnya pemaham orang tua, lingkungan pergaulan peserta didik dan pengaruh media sosial. 3) solusi dalam mengatasi faktor penghambat dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam berbasis multikultural untuk meningkatkan toleransi siswa yaitu, melibatkan keluarga, dan dewan guru secara aktif dalam mendukung pendidikan multikultural.
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Multikultural, Toleransi | ||||||||||||
Subjects: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Sep 2025 08:23 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Sep 2025 08:23 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4956 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year