LUTFIATIN, DWI INDAH (2025) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS IV MELALUI PENDEKATAN DIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 24 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (998kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (453kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (416kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (353kB) |
![]() |
Text (SKRIPSI)
DWI INDAH LUTFIATIN_ 2111240109.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) strategi yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 24 Kota Bengkulu ; 2) faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh guru dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui pendekatan diferensiasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 24 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Objek yang diteliti adalah kepala sekolah, wali kelas IV B, serta siswa kelas IV B SDN 24 Kota Bengkulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) strategi guru dengan pendekatan diferensiasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 24 Kota Bengkulu sudah cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan kemampuan siswa secara perlahan-lahan, baik dari segi kelancaran membaca, intonasi, maupun penggunaan tanda baca yang lebih tepat; 2) Keberhasilannya didukung oleh peran aktif guru, sarana pembelajaran memadai, dan dukungan sekolah. Namun, faktor penghambatnya adalah, karena adanya perbedaan tingkat kemampuan siswa yang membuat guru harus lebih efektif dalam mengatur waktu, selain itu faktor lingkungan dan kurangnya keterlibatan orang tua siswa juga menjadi hambatan dalam peningkatan kemampuan membaca siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru, Kemampuan Membaca, Pendekatan Diferensiasi. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 Sep 2025 01:45 | ||||||||||||
Last Modified: | 11 Sep 2025 01:45 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4967 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year