STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS IV MELALUI PENDEKATAN DIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 24 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

LUTFIATIN, DWI INDAH (2025) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS IV MELALUI PENDEKATAN DIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 24 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (998kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (353kB)
[img] Text (SKRIPSI)
DWI INDAH LUTFIATIN_ 2111240109.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) strategi yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 24 Kota Bengkulu ; 2) faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh guru dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui pendekatan diferensiasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 24 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Objek yang diteliti adalah kepala sekolah, wali kelas IV B, serta siswa kelas IV B SDN 24 Kota Bengkulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) strategi guru dengan pendekatan diferensiasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 24 Kota Bengkulu sudah cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan kemampuan siswa secara perlahan-lahan, baik dari segi kelancaran membaca, intonasi, maupun penggunaan tanda baca yang lebih tepat; 2) Keberhasilannya didukung oleh peran aktif guru, sarana pembelajaran memadai, dan dukungan sekolah. Namun, faktor penghambatnya adalah, karena adanya perbedaan tingkat kemampuan siswa yang membuat guru harus lebih efektif dalam mengatur waktu, selain itu faktor lingkungan dan kurangnya keterlibatan orang tua siswa juga menjadi hambatan dalam peningkatan kemampuan membaca siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSatria, Irwan19740718200312100UNSPECIFIED
Thesis advisorMustamin, Abdul Aziz198504292015031007UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Kemampuan Membaca, Pendekatan Diferensiasi.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 11 Sep 2025 01:45
Last Modified: 11 Sep 2025 01:45
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4967

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year