PRANSISTA, NADIA (2025) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PADA KURIKULUM MERDEKA DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI KREATIF SISWA KELAS IV DI SDIT UMMU FATHIMAH KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (334kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (620kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (508kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
NADIA PRANSISTA_2111240094.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada kurikulum merdeka dalam mengembangkan kompetensi kreatif siswa kelas IV di SDIT Ummu Fathimah Kota Bengkulu dan Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada kurikulum merdeka dalam mengembangkan kompetensi kreatif siswa kelas IV di SDIT Ummu Fathimah Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian dibuktikan secara ilmiah melalui teknik keabsahan data yaitu, uji kredibilitas (credibility), uji transferabilitas (transferability), uji dependabilitas (dependability), dan uji objektivitas (confirmability). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) di SDIT Ummu Fathimah Kota Bengkulu dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Adapun faktor pendukung implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) yaitu: kolaborasi yang baik antara kepala sekolah, guru, siswa, maupun orangtua siswa, semangat belajar siswa yang besar, motivasi, serta dukungan dari para fasilitator saat di sekolah dan juga orangtua saat anak di rumah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: waktu yang terbatas, kurangnya perhatian dari orangtua, dan perkembangan teknologi. Dengan demikian, adanya implementasi dari projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) pada kurikulum merdeka itu dapat membantu dalam mengembangkan kompetensi kreatif siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Kurikulum Merdeka, Kompetensi Kreatif Siswa | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 Sep 2025 03:13 | ||||||||||||
Last Modified: | 11 Sep 2025 03:13 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4997 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year