IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PADA KURIKULUM MERDEKA DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI KREATIF SISWA KELAS IV DI SDIT UMMU FATHIMAH KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

PRANSISTA, NADIA (2025) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PADA KURIKULUM MERDEKA DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI KREATIF SISWA KELAS IV DI SDIT UMMU FATHIMAH KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (620kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (508kB)
[img] Text (Skripsi)
NADIA PRANSISTA_2111240094.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada kurikulum merdeka dalam mengembangkan kompetensi kreatif siswa kelas IV di SDIT Ummu Fathimah Kota Bengkulu dan Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada kurikulum merdeka dalam mengembangkan kompetensi kreatif siswa kelas IV di SDIT Ummu Fathimah Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian dibuktikan secara ilmiah melalui teknik keabsahan data yaitu, uji kredibilitas (credibility), uji transferabilitas (transferability), uji dependabilitas (dependability), dan uji objektivitas (confirmability). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) di SDIT Ummu Fathimah Kota Bengkulu dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Adapun faktor pendukung implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) yaitu: kolaborasi yang baik antara kepala sekolah, guru, siswa, maupun orangtua siswa, semangat belajar siswa yang besar, motivasi, serta dukungan dari para fasilitator saat di sekolah dan juga orangtua saat anak di rumah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: waktu yang terbatas, kurangnya perhatian dari orangtua, dan perkembangan teknologi. Dengan demikian, adanya implementasi dari projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) pada kurikulum merdeka itu dapat membantu dalam mengembangkan kompetensi kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSuhirman, Suhirman19680219199931003UNSPECIFIED
Thesis advisorRevola, Yashori19900832023211015UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Kurikulum Merdeka, Kompetensi Kreatif Siswa
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 11 Sep 2025 03:13
Last Modified: 11 Sep 2025 03:13
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4997

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year