RAHAYU, PUSPA YUNI (2025) ART THERAPY BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDIT AL-AUFA KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (352kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (334kB) |
![]() |
Text (SKRIPSI)
SKRIPSI PUSPA YUNI RAHAYU_2111320006.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) merupakan salah satu kategori anak berkebutuhan khusus yang memerlukan pendekatan khusus dalam proses pembelajaran. Gangguan pada konsentrasi, kontrol impuls, serta perilaku hiperaktif menjadi tantangan utama dalam pendidikan inklusif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan terapi seni (Art Therapy) sebagai metode pendukung pembelajaran anak ADHD di SDIT Al-Aufa Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam dengan Guru Pendamping Khusus (GPK), shadow teacher, dan orang tua, serta dokumentasi kegiatan pembelajaran. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi seni di implementasikan dalam berbagai bentuk seperti kegiatan mewarnai, menggambar, mendengarkan musik, dan menari. Art therapy tersebut dimanfaatkan sebagai sarana untuk meningkatkan fokus, mengurangi perilaku hiperaktif, melatih motorik halus dan kasar, serta membantu anak mengekspresikan emosi secara positif. Terapi juga diterapkan secara individual melalui Program Pembelajaran Individual (PPI) yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing anak. Evaluasi menunjukkan adanya perubahan positif dalam perilaku anak, seperti peningkatan perhatian, kedisiplinan, dan kemampuan bersosialisasi. Dengan demikian, terapi seni merupakan metode intervensi yang efektif dalam mendukung perkembangan anak ADHD secara holistik, baik dari segi emosional, sosial, maupun akademik dalam lingkungan sekolah inklusif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | art therapy, ADHD, sekolah inklusif | ||||||||||||
Subjects: | Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Bimbingan Dan Konseling Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah > Bimbingan Dan Konseling Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Sep 2025 01:42 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Sep 2025 01:42 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5049 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year