ART THERAPY BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDIT AL-AUFA KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

RAHAYU, PUSPA YUNI (2025) ART THERAPY BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDIT AL-AUFA KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (334kB)
[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI PUSPA YUNI RAHAYU_2111320006.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) merupakan salah satu kategori anak berkebutuhan khusus yang memerlukan pendekatan khusus dalam proses pembelajaran. Gangguan pada konsentrasi, kontrol impuls, serta perilaku hiperaktif menjadi tantangan utama dalam pendidikan inklusif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan terapi seni (Art Therapy) sebagai metode pendukung pembelajaran anak ADHD di SDIT Al-Aufa Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam dengan Guru Pendamping Khusus (GPK), shadow teacher, dan orang tua, serta dokumentasi kegiatan pembelajaran. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi seni di implementasikan dalam berbagai bentuk seperti kegiatan mewarnai, menggambar, mendengarkan musik, dan menari. Art therapy tersebut dimanfaatkan sebagai sarana untuk meningkatkan fokus, mengurangi perilaku hiperaktif, melatih motorik halus dan kasar, serta membantu anak mengekspresikan emosi secara positif. Terapi juga diterapkan secara individual melalui Program Pembelajaran Individual (PPI) yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing anak. Evaluasi menunjukkan adanya perubahan positif dalam perilaku anak, seperti peningkatan perhatian, kedisiplinan, dan kemampuan bersosialisasi. Dengan demikian, terapi seni merupakan metode intervensi yang efektif dalam mendukung perkembangan anak ADHD secara holistik, baik dari segi emosional, sosial, maupun akademik dalam lingkungan sekolah inklusif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorEmzinetri, Emzinetri197105261997032002UNSPECIFIED
Thesis advisorPasmawati, Hermi198705312015032005UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: art therapy, ADHD, sekolah inklusif
Subjects: Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Bimbingan Dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah > Bimbingan Dan Konseling Islam
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 15 Sep 2025 01:42
Last Modified: 15 Sep 2025 01:42
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5049

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year