SASTI, WELA FERA (2025) IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI PESERTA DIDIK DI SDIT UMMU FATHIMAH KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
LAMPIRAN HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I WELA.pdf Download (462kB) |
![]() |
Text
BAB IIWELA.pdf Download (646kB) |
![]() |
Text
BAB III WELA.pdf Download (340kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
ilovepdf_merged (3).pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi proyek profiil pelajar pancasila (P5) dalam membentuk karakter mandiri peserta didik di SDIT Ummu Fathimah Kota Bengkulu. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang dirancang untuk mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila ke dalam proses pendidikan melalui proyek nyata. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif, yaitu dengan cara mengeksplorasi bentuk implementasi P5 dalam membentuk karakter mandiri dan menyelidiki secara mendalam bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam membentuk karakter mandiri siswa melalui proyek profiil pelajar pancasila (P5). Sumber data primer adalah 5 guru P5, kepala sekolah dan waka kurikulum. Sumber data Sekunder adalah dokumen foto, jurnal, buku, catatan penulis, dan modul ajar. Teknik pengumpulan data menggunakan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data/data reduction, penyajian data/display data dan kesimpilan/verifikasi. Hasil wawancara menunjukkan bahwa pelaksanaan P5 dilakukan secara efektif dan sistematis melalui tiga tahap utama yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, guru bersama-sama menyusun modul dan menentukan tema serta topik kegiatan P5 yang relevan dengan kurikulum semester, seperti kebinekaan global dengan kegiatan menggambar, memasak makanan tradisional, dan membuat rumah adat. Tahap pelaksanaan melibatkan pengenalan tema dan topik kepada siswa serta pelaksanaan kegiatan secara nyata. Tahap evaluasi dilakukan melalui pameran karya siswa setiap semester sebagai bentuk penilaian hasil belajar. Selain itu, pelaksanaan P5 terbukti efektif dalam membentuk karakter mandiri peserta didik, ditunjukkan dengan kemampuan siswa dalam mengelola emosi, mengurangi perilaku negatif, meningkatkan tanggung jawab, serta mendorong berpikir kritis dan kreatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implememtasi; P5; Karakter Mandiri | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 Sep 2025 02:28 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Sep 2025 02:28 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5121 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year