UPAYA GURU MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS IV SDN 41 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

ANDESA, SHENTIYA DWI (2025) UPAYA GURU MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS IV SDN 41 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (116kB)
[img] Text (Skripsi)
SHENTIYA DWI ANDESA_2111240009.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghetahui upaya penggunaan media gambar dalam Meningkatkan hasil belajar sisa pada mata pelajaran PPKn di kelas IV SD Negeri 41 Kota Bengkulu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru menggunakan media gmbar pada mata pelajaran PPKn di kelas IV adapun Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan deskriptif Kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dari wali kelas IV SD Negeri 41 Kota Bengkulu. Data di kumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data di lakukan secara kualitatif dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penggunaan media gambar efektif dalam menigkatkan pemahaman siswa terhadap materi PPKn, meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa serta membantu siswa dalam mengingat dan memahami konsep – konsep yang di ajarkan. Hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media gambar dalam pembelajaran PPKn di kelas IV SDN 41 Kota Bengkulu terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Media gambar dapat membantu siswa lebih memahami materi, meningkatkan motivasi belajar, dan mempercepat pemahaman konsep-konsep yang diajarkan. Oleh karena itu di sarankan agar guru terus mengintregasikan media gambar yang untuk memperkaya materi pembelajaran dan meningkatkan motivasi siswa. Selain itu pengembangan media gambar yang interaktif dan inovatif dapat membantu siswa memahami konsep konsep yang di ajarkan dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorNurhadi, Nurhadi196802142006041001UNSPECIFIED
Thesis advisorEfendi, Sutrian198910292023211022UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Media Gambar, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran Ppkn
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 16 Sep 2025 03:05
Last Modified: 16 Sep 2025 03:05
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5134

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year