PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI UNTUK MENGAKTIFKAN PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 52 SELUMA

Downloads

Downloads per month over past year

MARDIANTI, LENIA (2025) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI UNTUK MENGAKTIFKAN PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 52 SELUMA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (291kB)
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI LENIA MARDIANTI_2111240100.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, fakultas tarbiyah dan tadris, pembimbing 1 : Dr. Mindani, M.Ag pembimbing 2 : Randi, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Diskus Untuk Mengaktifkan Proses Berpikir Keritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDN 52 Seluma Proses pembelajaran dengan kualitas yang kurang mendukung peserta didik untuk mampu mengerjakan dan berpikir secara kritis akan berdampak pada kurangnya disiplin peserta didik dalam proses pembelajaran. Dengan tujuan pembelajaran yang sudah disiapkan akan tidak berjalan maksimal atau tidak tercapai. Maka dari itu, pendidik menerapkan metode untuk mampu meningkatkan keaktifan peserta didik dalam berpikir secara kritis agar dalam proses pembelajaran dapat terarah. Metode yang digunakan adalah metode diskusi. Hal ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode diskusi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dalam artikel ini bertujuan untuk mengkaji tentang penggunaan metode diskusi sebagai upaya dalam meningkatkan keaktifan peserts didik. Dengan menggunakan metode diskusi dapat memberikan informasi bagaimana proses dari tahap metode ini dan interaksi yang terjadi didalamnya. Sehingga para peserta didik mampu mengikuti proses pembelajaran dengan aktif seperti berani dalam bertanya dan mampu menjawab pertanyaan. Penggunaan metode diskusi digunakan untuk masalah keaktifan para peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorMindani, Mindani196908062007101002UNSPECIFIED
Thesis advisorRandi, Randi198806122023211030UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Diskusi, Keaktifan belajar, IPS
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 16 Sep 2025 03:47
Last Modified: 16 Sep 2025 03:47
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5151

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year