MARDIANTI, LENIA (2025) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI UNTUK MENGAKTIFKAN PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 52 SELUMA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (362kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (478kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (291kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
SKRIPSI LENIA MARDIANTI_2111240100.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, fakultas tarbiyah dan tadris, pembimbing 1 : Dr. Mindani, M.Ag pembimbing 2 : Randi, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Diskus Untuk Mengaktifkan Proses Berpikir Keritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDN 52 Seluma Proses pembelajaran dengan kualitas yang kurang mendukung peserta didik untuk mampu mengerjakan dan berpikir secara kritis akan berdampak pada kurangnya disiplin peserta didik dalam proses pembelajaran. Dengan tujuan pembelajaran yang sudah disiapkan akan tidak berjalan maksimal atau tidak tercapai. Maka dari itu, pendidik menerapkan metode untuk mampu meningkatkan keaktifan peserta didik dalam berpikir secara kritis agar dalam proses pembelajaran dapat terarah. Metode yang digunakan adalah metode diskusi. Hal ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode diskusi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dalam artikel ini bertujuan untuk mengkaji tentang penggunaan metode diskusi sebagai upaya dalam meningkatkan keaktifan peserts didik. Dengan menggunakan metode diskusi dapat memberikan informasi bagaimana proses dari tahap metode ini dan interaksi yang terjadi didalamnya. Sehingga para peserta didik mampu mengikuti proses pembelajaran dengan aktif seperti berani dalam bertanya dan mampu menjawab pertanyaan. Penggunaan metode diskusi digunakan untuk masalah keaktifan para peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Diskusi, Keaktifan belajar, IPS | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 Sep 2025 03:47 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Sep 2025 03:47 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5151 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year